Duh! Anggota DPR Ini Menolak Karantina Usai dari Luar Negeri

Guspardi Gaus langsung ikut rapat di DPR tanpa karantina

Jakarta, IDNTIMES - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menolak dikarantina setelah pulang dari Kirgistan. Dia mengakui hal ini saat mengikuti rapat kerja di Gedung DPR RI, Kamis 1 Juli 2021.

Rapat yang diikutinya terkait Panitia Kerja Rancangan Undang-undang Otonomi Khusus (Panja RUU Otsus) Papua. Rapat dihadiri perwakilan pemerintah seperti Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharief Hiariej.

"Saya baru datang dari Kirgistan. Saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel. Dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen (Kementerian) Kesehatan. Harusnya yang dikarantina itu orang-orang yang tinggal di luar negeri. Jadi diperlukan tidak baik. Karena apa? Saya ingin hadir pada kegiatan ini. Jadi mohon maaf kalau seandainya saya terlambat," kata Guspardi dikutip dari tayangan TV Parlemen yang dimuat di akun YouTube DPR RI.

Guspardi saat itu tidak merinci kapan dia ke luar negeri. Berapa lama dia di Kirgistan, juga tak dia ungkapkan. Usai memberitahu hal tersebut, dia mengikuti rapat seperti biasa.

Baca Juga: Rektor UI Rangkap Jabatan, DPR Minta Nadiem Turun Tangan

1. DPR fraksi PDIP keberatan

Duh! Anggota DPR Ini Menolak Karantina Usai dari Luar NegeriAnggota Komisi X DPR RI, Esti Wijayati. IDN Times/Daruwaskita

Pengakuan Guspardi ini mendapat respons dari Anggota DPR dari Fraksi PDIP Esti Wijayati. Esti keberatan dengan sikap Guspardi dan menyampaikan kekhawatirannya.

"Cuma Pak Gaus harus rapid test dulu karena Pak Gaus habis dari luar negeri. Saya deg-degan tadi. Iya Pak Daus dari luar negeri jadi kalau kita mau (duduk) dekat-dekat, nggak usah, agak ngeri-ngeri juga," kata Esti.

Di penghujung rapat, Guspardi mengatakan menolak karantina karena ingin menghadiri rapat. "Sebetulnya saya harus diisolasi dulu di hotel tapi untung protokoler dan berbagai hal, saya ingin ikut rapat, itu yang pertama," ucap Guspardi.

Baca Juga: Banyak yang Kena COVID-19, Sekjen Bantah Gedung DPR Telah Jadi Klaster

2. Guspardi Tegaskan sudah melakukan PCR

Duh! Anggota DPR Ini Menolak Karantina Usai dari Luar NegeriIlustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

IDN Times mencoba menghubungi Guspardi terkait hal ini. Dia menegaskan dirinya tidak menolak dikarantina. "Bukan menolak karantina. Menolak tuh karantina yang di hotel. Saya ingin karantina mandiri, di rumah kan juga boleh. Saya sedang dikarantina hari ini," kata Guspardi saat dihubungi, Jumat (2/7/2021).

Dia menambahkan sudah melakukan swab test PCR. Hasilnya, negatif. "Saya sudah PCR di negara tujuan atau pun yang hasil PCR DPR negatif. Cuma orang membesar-besarkan aja itu," kata dia.

Guspardi mengaku tidak mengingat jelas kapan pergi ke Kirgistan. Dia hanya mengatakan  pergi ke luar negeri pada 25 Juni dan kembali ke Indonesia 29 Juni 2021.

"Jadwalnya kalau gak salah 25 Juni. (Pulangnya) tanggal berapa tuh, 29 (Juni), tanggal 29 atau berapa. Sebetulnya sudah gak ada masalah lagi," ucapnya.

Baca Juga: DPR Kecewa 2 WNA Penyelundup 821 Kg Sabu Tidak Dihukum Mati

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya