Fadli Zon Dilaporkan ke MKD DPR karena Cuitannya di Twitter

Fadli Zon sempat singgung soal UU Cipta Kerja di Twitter

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon kembali aktif di media sosial Twitter usai ditegur ketua umumnya, Prabowo Subianto. Belum lama aktif, Fadli Zon dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

"Hari ini, Senin, 29 November 2021 saya selaku warga negara Indonesia telah melakukan pengaduan dugaan Pelanggaran Kode Etik terhadap Fadli Zon selaku anggota DPR RI, kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, dan telah diterima pengaduan tersebut oleh sekretariat sekitar pukul 11.05 WIB," kata mantan politikus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi, kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Dua Pekan Tak Aktif di Twitter, Fadli Zon Muncul Bareng Puan di Madrid

1. Teddy melaporkan Fadli Zon karena cuitannya di Twitter soal UU Cipta Kerja

Fadli Zon Dilaporkan ke MKD DPR karena Cuitannya di TwitterFadli Zon. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Teddy melaporkan Fadli Zon karena mencuit di akun Twitter-nya, @fadlizon, soal UU Cipta Kerja. Berikut cuitan Fadli Zon yang dipermasalahkan:

"UU ini harusnya batal krn bertentangan dg konstitusi n byk masalah sejak awal proses. Terlalu banyak 'invisible hand'. Kalau diperbaiki dlm 2 tahun artinya tak bisa digunakan yg blm diperbaiki," tulis Fadli Zon, Sabtu (27/11/2021) pukul 14.39 WIB.

Sebagai anggota DPR, Teddy menjelaskan, Fadli Zon seharusnya menghormati UU Cipta Kerja yang merupakan produk DPR. Fadli, sambungnya, seharusnya tidak membuat framing dengan menuding seolah-olah UU Cipta Kerja hasil legislasi tersebut adalah negatif atau buruk.

"Pernyataan tersebut menurut saya itu sangat berbahaya, kenapa? Karena proses demokrasi, proses legislasi dituding telah dikotori dengan 'Invisible Hand'. Ini akan berakibat atau berdampak, menimbulkan adanya ketidakpercayaan masyarakat kepada DPR dalam setiap pembuatan undang-undang. Oleh sebab saya meminta kepada MKD DPR untuk memanggil Fadli Zon guna untuk membuktikan ucapannya tersebut siapa orang yang dimaksud Invisible Hand itu?" ungkapnya.

"Ini seolah-olah menuduh pemerintah dan DPR membuat undang-undang titipan, terlebih ini dapat dikategorikan merendahkan, menghina lembaga DPR RI itu sendiri," dia menambahkan.

2. Fadli Zon disebut tidak percaya MK

Fadli Zon Dilaporkan ke MKD DPR karena Cuitannya di TwitterIlustrasi Mahkamah Konstitusi (MK). IDN Times/Axel Joshua Harianja

Lebih lanjut, Teddy menilai, statement Fadli Zon bisa memperkeruh keadaan. Dia menduga statement Fadli Zon di media sosial adalah sebuah pelanggaran.

"Terakhir saya menganggap dan menduga statement Fadli Zon ini sebagai bentuk ketidakpercayaan kepada putusan MK (Mahkamah Konstitusi), padahal MK dalam putusannya masih menyatakan UU Cipta Kerja ini masih berlaku sampai masa perbaiki dua tahun," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Ragam Kebaya Shafa Fadli, Putri Fadli Zon yang Berbakat! 

3. Fadli Zon aktif lagi di Twitter, unggah foto bareng Puan Maharani

Sebelumnya, Fadli Zon, sempat menghilang dari dunia maya selama dua pekan. Padahal, dia hampir setiap hari membuat cuitan di akun Twitternya, @fadlizon. Kini, dia muncul kembali lewat unggahan di Twitternya pada Sabtu, 27 November 2021. Dia rupanya sedang berada di Madrid, Spanyol.

"Hadiri sidang parlemen dunia, Interparliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol. Juga anggota Komite Demokrasi n HAM @IPUparliamen @bksapdpr ajukan resolusi soal Palestina 'Global Parliamentary Support for the Humanitarian Situation of the Palestinians',” tulis Fadli seperti dikutip IDN Times, Minggu (28/11/2021).

Melalui akun Twitternya, Fadli Zon mengunggah fotonya bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Politikus PDIP Charles Honoris. Selain itu, Fadli juga terlihat mengunggah sejumlah foto bersama pejabat dunia.

"Indonesian Delegation with Speaker @DPR_RI @puanmaharani_ri #IPU143," tulis Fadli Zon.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya