FX Rudy Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, PDIP: Obrolan Warung!

Hasto sebut kader yang tak disiplin bisa keluar dari PDIP

Jakarta, IDN Times - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres 2024). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut eks Wali Kota Solo itu seharusnya mengetahui aturan main yang berlaku di PDIP.

"Itu obrolan di warung bagi Pak Rudy. Pak Rudy ini, kan, sosok senior. PDIP ini kan, partai demokrasi. Semua paham kultur di PDI Perjuangan. Yang penting ketika Ibu Megawati mengambil keputusan, semua taat dan berdisiplin," jelas Hasto di Kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: PDIP Janji Beri Beasiswa pada Pembuat Kajian Perbandingan Jokowi-SBY

1. Pengusungan capres tergantung Megawati

FX Rudy Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, PDIP: Obrolan Warung!Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Hasto mengatakan PDIP tetap menjunjung tinggi demokrasi. Terkait Pilpres 2024, sambungnya, keputusan siapa capres yang akan diusung PDIP berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Kader partai pun saat ini diminta fokus untuk menanggulangi pandemik COVID-19.

"Kami telah menegaskan bahwa berkaitan siapa capres dan cawapres berdasarkan Kongres V di Bali, Ibu Megawatilah yang akan mengambil keputusan," kata Hasto.

2. Hasto persilahkan kadernya yang tidak taat aturan untuk keluar dari PDIP

FX Rudy Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, PDIP: Obrolan Warung!Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Hasto menyampaikan, PDIP punya mekanisme di internal partai untuk menjaring kader-kader terbaiknya. Dia mengatakan PDIP punya kepentingan yang lebih besar dan setiap kader, harus secara sukarela menyatukan diri untuk kepentingan yang lebih besar tersebut.

"Bagi mereka yang tidak memahami aspek strategis tentang pentingnya menyiapkan pemimpin bagi masa depan bangsa dan negara dan hanya mau bertindak sendiri tanpa disiplin, boleh saja kalau mau keluar dari partai. Partai ini memiliki sejarah yang panjang, memiliki pengalaman yang cukup luas dalam menjabarkan demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, sehingga dalam perspektif ini partai harus menegakkan disiplin," imbuhnya.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Melambung, Sekjen PDIP Bawa-bawa Nama SBY

3. Hasto sebut Megawati masih cari sosok seperti Jokowi

FX Rudy Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024, PDIP: Obrolan Warung!Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lebih lanjut, Hasto mengatakan Megawati akan memilih sosok yang tepat untuk maju di Pilpres 2024 setelah mendengar aspirasi rakyat. Sekjen PDIP ini menjelaskan tugas Megawati, bukan hanya memilih, tetapi juga melihat sosok yang tepat untuk meneruskan kepemimpinan Joko Widodo.

Sambungnya, Hasto meminta masyarakat sabar. PDIP akan memberitahu capres yang diusungnya pada waktu yang tepat.

"Karena apa yang dilakukan partai adalah kesinambungan kepemimpinan dari Pak Jokowi dengan berbagai prestasinya. Sangat penting untuk dicarikan sosok yang paling tepat dalam melanjutkan estafet kepemimpinan itu," kata Hasto.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Melambung, Sekjen PDIP Bawa-bawa Nama SBY

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya