Comscore Tracker

Golkar Gelar Pleno Pilih Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Malam Ini

Rapat pleno juga bahas soal posisi Azis Syamsuddin di Golkar

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar akan menggelar rapat pleno untuk memilih pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR malam ini. Langkah itu dilakukan usai Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi rencananya baru malam ini, itu ada rapat pleno DPP Partai Golkar untuk memutuskan calon yang ditunjuk oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk mengganti saudara Azis Syamsuddin," kata Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Ia mengatakan rapat pleno akan dimulai pukul 19.30 WIB di Kantor DPP Golkar, Jakarta. Rapat yang digelar internal ini akan dihadiri semua pengurus DPP Golkar, baik secara langsung maupun virtual.

1. Nasib Azis di kepengurusan Golkar juga akan ditentukan

Golkar Gelar Pleno Pilih Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Malam IniKetua DPP Partai Golkar Adies Kadir, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Namun, Adies belum memastikan kapan Golkar akan mengumumkan nama yang akan menggantikan Azis. Dia hanya mengatakan pengumuman bisa malam ini atau besok (Selasa, 28 September 2021).

"Kalau feeling saya, (nama pengganti Azis) sudah dikantongi ketua umum (Airlangga Hartarto), jadi sudah dikantongi nama tersebut, jadi tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno," ucapnya.

Selain posisi di DPR, Adies mengatakan rapat pleno juga akan memutuskan nasib Azis di kepengurusan Golkar.

"Nanti malam juga akan diputuskan (posisi Azis di Golkar)," kata Adies.

Baca Juga: Golkar: Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Diumumkan Selasa Sore

2. Keputusan pemilihan pengganti Azis di DPR sesuai AD/ART Golkar

Golkar Gelar Pleno Pilih Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Malam IniMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Adies mengatakan penentuan siapa yang akan mengisi Wakil Ketua DPR pengganti Azis ditentukan Airlangga. Dalam memutuskan siapa yang akan mengisi kursi Azis, politisi Golkar ini membenarkan Airlangga akan memilih nama yang bisa diterima semua kader.

Putusan yang akan diambil Airlangga pun, sambung dia, sesuai AD/ART Golkar.

"Di Golkar itu AD/ART ada yang namanya PDLT, prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Itu ada di AD/ART kami dan tentunya ketua umum dalam mengambil keputusan pasti tidak jauh mengacu daripada anggaran dasar rumah tangga," kata Adies.

3. Jadi tersangka KPK, Azis ditahan di rutan Polres Jaksel

Golkar Gelar Pleno Pilih Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Malam IniWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah oleh KPK, Sabtu dini hari (25/9/2021) (IDN Times/Aryodamar)

KPK telah menahan Azis usai menetapkannya sebagai tersangka. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Azis ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan selama 20 hari, mulai dari 24 September hingga 13 Oktober 2021.

"Sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19, tersangka akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari pada rutan dimaksud," ujar Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Azis ditetapkan tersangka dalam dugaan korupsi mengenai penanganan perkara di Lampung Tengah. Ia disebut telah menyuap eks penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju senilai Rp3,1 miliar dari total Rp4 miliar yang disepakati.

Atas perbuatannya, Azis disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: [BREAKING] Azis Syamsuddin Suap Eks Penyidik KPK Rp3,1 M Terkait Kasus Korupsi

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya