Comscore Tracker

Golkar: Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Hak Prerogatif Airlangga

Golkar sebut semua anggota fraksi berpeluang gantikan Azis

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar memastikan segera mengumumkan pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR dalam waktu dekat. Namun, partai berlambang pohon beringin itu masih enggan menyebutkan siapa sosok yang akan dipilih untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan dewan usai Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap tersebut.

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, sosok pengganti Azis Syamsuddin merupakan kewenangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Dan hal ini adalah merupakan hak prerogatif Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies saat konferensi pers di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Azis Syamsuddin Mundur dari DPR, Golkar Segera Cari Penggantinya

1. Semua anggota fraksi Golkar di DPR disebut berpeluang gantikan posisi Azis

Golkar: Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Hak Prerogatif AirlanggaKonferensi pers Partai Golkar terkait penetapan Azis Syamsuddin sebagai tersangka oleh KPK, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) (IDN Times/Sachril)

Saat ditanya siapa kira-kira kader Golkar yang berpeluang menggantikan Azis sebagai Wakil Ketua DPR, Adies menolak menjawabnya. Dia menegaskan semua kader Golkar berkualitas dan memiliki kans yang sama.

"Di Partai Golkar semua kader mempunyai kans, siapapun mempunyai kans untuk menduduki jabatan tersebut. Kami mempunyai 85 orang anggota DPR fraksi Golkar, semua mempunyai kans untuk menduduki jabatan tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Harta Tersangka Suap Azis Syamsuddin Sentuh Rp100,3 M!

2. Golkar pastikan kasus Azis Syamsuddin tidak akan mengganggu kinerja DPR

Golkar: Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Hak Prerogatif AirlanggaWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah oleh KPK, Sabtu dini hari (25/9/2021) (IDN Times/Aryodamar)

Adies memastikan pengganti Azis di DPR akan diumumkan dalam waktu dekat. Namun dia tak merinci kapan waktunya.

"Tadi kan sudah saya tulis dalam waktu dekat artinya ya secepat-cepatnya," ucapnya.

Dia mengatakan ada mekanisme dan rapat-rapat internal yang harus dilakukan partainya sebelum menentukan pengganti Azis. Adies pun memastikan kasus Azis tidak akan mengganggu kinerja DPR.

"Ini kan buktinya DPR bisa berjalan aja seperti biasa, gak ada masalah. Insya Allah dalam waktu dekat Partai Golkar akan umumkan calon pengganti," katanya.

Baca Juga: Golkar Minta Kasus Azis Syamsuddin Tak Dikaitkan Pemilu 2024

3. Golkar kedepankan asas praduga tak bersalah

Golkar: Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Hak Prerogatif AirlanggaWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah oleh KPK, Sabtu dini hari (25/9/2021) (IDN Times/Aryodamar)

Adies mengatakan Golkar menghormati proses hukum yang dilakukan KPK. Sikap Partai Golkar terkait kasus Azis ini, kata dia, menjunjung tinggi asas hukum praduga tak bersalah.

"Di mana setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut, atau dihadapkan di depan pengadilan wajib dianggap tidak bersalah sebelum adanya putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap," ujar Adies Kadir.

Baca Juga: Azis Syamsuddin Mundur dari DPR, Golkar Segera Cari Penggantinya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya