Ibas Temani SBY Berobat ke AS, Kinerja Demokrat di DPR Terganggu?

Kader Demokrat akan bergantian temani SBY di AS

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Amerika Serikat untuk mengobati penyakit kanker prostat yang dideritanya. SBY ditemani Ketua Fraksi Demokrat DPR yang juga anak bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Terkait kepergian Ibas, anggota Komisi I DPR Syarief Hasan memastikan, kinerja Fraksi Demokrat di DPR tidak terganggu.

"Iya (Ibas masih menemani SBY). Oh tidak, tidak ada halangan apapun, lancar saja (kinerja Fraksi Demokrat di DPR), karena dilakukan oleh wakil ketua fraksi dan sekretaris fraksi ada," kata Syarief Hasan di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021).

"Kemudian DPP juga selalu berikan guidance dan supervisi, tak masalah. Yang di sini (DPR) kan waketum banyak, ada Pak Benny Harman, ada Vera Febyanthy, saya juga di majelis tinggi, jadi kita bisa bekerja sama atau kita tetap kerja sama untuk lakukan tugas-tugas, gak ada masalah," dia menambahkan.

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat hingga Menteri-Menteri Jokowi Berbisnis PCR?

1. Kader Demokrat akan bergantian menemani SBY di Amerika Serikat

Ibas Temani SBY Berobat ke AS, Kinerja Demokrat di DPR Terganggu?Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan di Gedung DPR/MPR Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Syarief Hasan menerangkan, Ibas tidak akan menemani SBY selama 1,5 bulan. Nantinya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menggantikan Ibas untuk menemani SBY.

AHY, kata Syarief, saat ini masih sibuk mengurus partai. Namun, Syarief tidak mengetahui sampai kapan Ibas di Amerika Serikat.

"Tentunya banyak yang akan berangkat, bergiliran lah ya, tergantung tugasnya. Banyak nih orang-orang DPP yang mau (menemani SBY) kebetulan tidak anggota DPR, bisa berangkat ke sana secara bergiliran," ucapnya.

Lebih lanjut, Syarief Hasan mengatakan, SBY dalam kondisi baik-baik saja di Amerika Serikat.

"Belum, masih proses pengecekan, masih general check up, tapi Beliau baik-baik saja," katanya.

2. Muncul hoaks AHY liburan di Amerika Serikat saat temani SBY

Ibas Temani SBY Berobat ke AS, Kinerja Demokrat di DPR Terganggu?Ilustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, AHY disebut liburan bersama keluarganya ketika menemani sang ayah, SBY, berobat di Amerika Serikat. Partai Demokrat memastikan kabar yang viral di media sosial itu hoaks.

"Itu jelas hoax, foto lama banget, lebih dari tiga tahun lalu karena Aira masih kecil banget. Sekarang kan Aira sudah beda tipis tingginya dengan Mbak Annisa," ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Sabtu (6/11/2021).

Herzaky menyayangkan sikap warganet Indonesia yang menyebar fitnah soal keluarga Presiden ke-6 Republik Indonesia. Padahal saat ini SBY tengah berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya. 

"Sangat tidak punya empati dan tidak punya moral," ujarnya.

Baca Juga: SBY ke Amerika Serikat 1,5 Bulan Obati Kanker, Begini Kondisinya 

3. Demokrat fokus pada penyembuhan SBY

Ibas Temani SBY Berobat ke AS, Kinerja Demokrat di DPR Terganggu?Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memaparkan hasil karya lukisannya pada Senin (1/11/2021). (instagram.com/aniyudhoyono)

Meski kecewa dan merasa difitnah dengan unggahan di media sosial tersebut, pihak keluarga maupun Demokrat memilih tak ambil pusing. Sebab, keluarga SBY dan partai berlogo mercy itu fokus pada penyembuhan sakit kanker SBY.

"Sementara kami fokus dengan pengobatan Bapak SBY dulu. Ini yang menjadi prioritas utama keluarga," ujarnya.

"Terima kasih untuk masyarakat Indonesia yang tulus mendoakan kesembuhan Bapak," sambungnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya