Ini Harta Ketum PAN yang Juga Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan

Harta Zulkifli Hasan naik Rp4 miliar dalam dua tahun

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) belum lama ini disorot karena diperkenalkan sebagai sahabat baru koalisi partai politik pendukung pemerintahan. PAN pun sepakat bergabung ke koalisi pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin dari hasil rakernas.

Selain menjadi ketua umum PAN, Zulkifli juga kini menjabat wakil ketua MPR RI. Dia juga menjabat ketua MPR RI sejak 8 Oktober 2014 hingga 1 Oktober 2019.

Pria kelahiran Lampung, 17 Mei 1962 ini sebelum menduduki jabatan di MPR, dia juga pernah menjadi Menteri Kehutanan (2009-2014) atau era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lantas, berapa sih harta kekayaan Zulkifli Hasan? Karena baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut, pejabat penyelenggara negara masih banyak belum melaporkan harta kekayaannya pada KPK.

Baca Juga: Hasil Rakernas PAN Sepakati Gabung Koalisi Pemerintahan Jokowi

1. Harta kekayaan Zulkifli Hasan pada 2018 sekitar Rp26 miliar

Ini Harta Ketum PAN yang Juga Wakil Ketua MPR Zulkifli HasanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dikutip dari situs e-LHKPN, Selasa (14/9/2021), politikus yang akrab disapa Zulhas ini rutin melaporkan harta kekayaannya. Kekayaan Zulhas pada 2018 sebesar Rp26,4 miliar.

Tercatat, Zulkifli memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan. Sedangkan kendaraan, dia hanya memiliki satu unit mobil.

Zulkifli juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp1,5 miliar, surat berharga Rp4,990 miliar. Kas dan setara kas sebesar Rp7,8 miliar. Sedangkan, utang senilai Rp1,5 miliar.

2. Harta Zulkifli naik sekitar Rp2 miliar pada 2019

Ini Harta Ketum PAN yang Juga Wakil Ketua MPR Zulkifli HasanIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Zulkifli melaporkan lagi harta kekayaannya pada 2019. Tercantum, harta kekayaannya naik menjadi Rp28,5 miliar.

Seperti pada 2018, Zulkifli melaporkan memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan. Untuk kendaraan, dia kini memiliki dua mobil.

Sedangkan harta bergerak lainnya senilai, Zulkifli memiliki Rp1,5 miliar dan surat berharga Rp4,990 miliar. Kas dan setara kas sebesar Rp9,3 miliar. Sementara, utang Zulhas senilai Rp1,5 miliar.

Baca Juga: Cerita Awal Mula Ketua Umum PAN Diajak Rapat Koalisi dengan Jokowi

3. Harta Zulkifli naik lagi pada 2020

Ini Harta Ketum PAN yang Juga Wakil Ketua MPR Zulkifli HasanIlustrasi harta (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada 2020, harta kekayaan Zulkifli menjadi Rp30,4 miliar. Seperti pada 2019, dia memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan serta dua mobil.

Zulkifli Hasan juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp1,5 miliar dan surat berharga Rp4,990 miliar. Untuk kas dan setara kas senilai Rp9,8 miliar. Sedangkan, utang Zulhas Rp0 atau tidak memiliki utang.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya