Jokowi di HUT ke-20 Partai Demokrat: Terus Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Jokowi ajak Demokrat bangun demokrasi yang sehat

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat genap berusia 20 tahun pada hari ini, Kamis (9/9/2021). Presiden Joko "Jokowi" Widodo pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Demokrat melalui video sambutannya.

"Kepada keluarga besar Demokrat di mana pun berada, saya mengucapkan selamat ultah ke-20. Selama 20 tahun berkiprah di panggung politik Indonesia, Partai Demokrat telah menjadi bagian penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia," kata Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual di HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021).

1. Jokowi ingin Partai Demokrat terus memperjuangkan aspirasi rakyat

Jokowi di HUT ke-20 Partai Demokrat: Terus Perjuangkan Aspirasi RakyatPresiden Jokowi dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan Demokrat menjadi bagian dalam menjaga perdamaian, persatuan dan menjaga kesatuan. Demokrat, ia mengatakan, juga menjadi bagian dalam memperjuangkan keadilan, kesejahteraan dan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini ingin agar Demokrat terus memperjuangkan aspirasi dan terus berkontribusi untuk masyarakat Indonesia.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk bersama-sama memperjuangkan aspirasi rakyat, membangun demokrasi indonesia yang sehat dan berkualitas, dan mengerahkan kekuatan bangsa untuk meraih indonesia maju yang kita cita-citakan," ucapnya.

Baca Juga: Demokrat Ogah ke Istana Jika Dipanggil Jokowi

2. Ma'ruf Amin sebut Demokrat partai pengawal reformasi

Jokowi di HUT ke-20 Partai Demokrat: Terus Perjuangkan Aspirasi RakyatWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengucapkan HUT ke-20 Demokrat. Ma'ruf mengatakan Demokrat harus tetap mengutamakan kepentingan rakyat, mewujudkan partisipasi politik yang luas dan inklusif.

Ia ingin Demokrat mengawal persatuan dan kesatuan Indonesia, serta menumbuhkan kehidupan demokrasi yang lebih baik.

"Saya memberikan apresiasi atas kiprah Partai Demokrat yang selama lebih dari 20 tahun, menjalankan perannya sebagai partai pengawal reformasi, dan telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari konsolidasi demokrasi dan kemajuan pembangunan di Indonesia," katanya.

Baca Juga: Demokrat: Elektabilitas AHY Naik karena Komitmen sebagai Oposisi

3. Anies hingga Ridwan Kamil juga ucapkan selamat ke Demokrat

Jokowi di HUT ke-20 Partai Demokrat: Terus Perjuangkan Aspirasi RakyatKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Selain Jokowi dan Ma'ruf, sejumlah tokoh juga mengucapkan selamat kepada Partai Demokrat atas ulang tahun yang ke-20. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Demokrat.

"Izinkan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat ulang tahun ke-20 untuk Partai Demokrat. Selama 20 tahun perjalanan sebagai sebuah partai yang menjaga demokrasi Indonesia, sebagaimana namanya, mencerminkan semangat untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan menjaga demokrasi," ujar Anies.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD La Nyalla Matalitti juga ikut mengucapkan selamat kepada Demokrat. Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi juga turut mengucapkan HUT ke-20 kepada Demokrat.

Sejumlah ketua umum dan sekjen partai lain juga turut menyampaikan ucapan selamat kepada Demokrat. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaiku. Kemudian, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, serta Sekjen Partai NasDem Johnny Gerald Plate.

Baca Juga: Demokrat: Elektabilitas AHY Naik karena Komitmen sebagai Oposisi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya