Kader Partai Ummat Ramai-ramai Mundur, Diklaim Ada Kepentingan Pribadi

Kader Partai Ummat mundur diklaim punya kepentingan pribadi

Jakarta, IDN Times - Usai Agung Mozin dan Neno Warisman, sejumlah pengurus DPD Partai Ummat juga ikut mengundurkan diri. Terbaru, banyak pengurus DPD Partai Ummat Kota Depok yang mengundurkan diri.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi mengklaim banyak kader Partai Ummat yang mengundurkan diri karena tak bisa membagi waktu.

"Depok ya, jadi gini mengundurkan diri ada beberapa sebab. Mungkin yang pertama kategorinya yang kira-kira alamiah. Alamiah kira-kira, setelah bergabung dengan Partai Ummat, kemudian dengan aktivitas baru di Partai Ummat ini, kadang tidak sinkron dengan pekerjaan, dengan, ya aktivitas-aktivitas pribadinya," kata Ridho di Kantor Partai Ummat, Jl Tebet Timur Dalam Raya, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (9/10/2021).

"Itu beberapa memang menyampaikan, memang kesulitan untuk mengatur waktu dan segala macam," imbuhnya.

Baca Juga: Kader Ramai-Ramai Angkat Kaki dari Partai Ummat, Ada Apa?

1. Alasan kedua kader Partai Ummat mengundurkan diri: Punya kepentingan pribadi

Kader Partai Ummat Ramai-ramai Mundur, Diklaim Ada Kepentingan PribadiKetua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menantu Amien Rais membenarkan ada kadernya yang mengaku ke dirinya bahwa sulit mengatur waktu. Karena hal ini, banyak kader Partai Ummat yang mengundurkan diri.

Alasan kedua, sambungnya, karena kader Partai Ummat memiliki kepentingan pribadi saat akan bergabung.

"Yang kedua, kategorinya kalau kita lihat, yang datang ke partai ini sedari awal itu, barang kali punya kepentingan-kepentingan yang sifatnya pribadi. Ini tidak ideologis, tidak principal, tapi kepentingan pribadi," katanya.

2. Banyak pengurus DPD Kota Depok mengundurkan diri

Kader Partai Ummat Ramai-ramai Mundur, Diklaim Ada Kepentingan PribadiIlustrasi partai Ummat (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sebelumnya, sejumlah pengurus kepengurusan DPD Partai Ummat Kota Depok mulai dari Dewan Pengawas, Dewan Pengurus, dan pengurus tingkat kecamatan mengundurkan diri. Informasi dihimpun, ada 26 pengurus DPD Partai Ummat Kota Depok dan seluruh pengurus DPC Partai Ummat di 4 kecamatan Kota Depok yang mengundurkan diri.

Baca Juga: Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?

3. Agung Mozin dan Neno Warisman mundur dari partai besutan Amien Rais

Kader Partai Ummat Ramai-ramai Mundur, Diklaim Ada Kepentingan PribadiAgung Mozin (facebook.com/agungmozin)

Pengurus yang pertama kali memutuskan untuk angkat kaki adalah loyalis Amien Rais, Agung Mozin. Agung Mozin yang kala itu menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Ummat mengirimkan surat pengunduran diri di minggu terakhir Agustus 2021.

"Iya betul, saya berhenti (dari kepengurusan Partai Ummat)," ucap Agung Mozin kepada IDN Times, Kamis, 26 Agustus 2021.

Surat pengunduran diri Agung itu juga ditembuskan ke Ketum Partai Ummat, Ridho Rahmadi.

"Benar (salinan surat itu)," ucap Agung Mozin.

Dalam surat tersebut, Agung Mozin juga berterima kasih karena diberi kesempatan menjadi Wakil Ketua Umum Partai Ummat. Dia bersyukur karena telah terbit Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.KH Kep13.AH.11.01 Tahun 2021 tertanggal 20 Agustus 2021, tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat.

Dalam surat tersebut, Agung juga menyatakan berhenti dari kepengurusan dan anggota Partai Ummat.

Pada awal Oktober 2021, kabar Neno Warisman undur diri dari partai berlogo bintang itu mengemuka. Sekretaris Syuro Partai Ummat, Ansufri Idrus Sambo membenarkan kabar tersebut.

Neno menanggalkan jabatannya sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

"Iya, kita sudah menerima surat pengunduran diri dari Bunda Neno dengan alasan beliau ingin fokus mengurus putri beliau di Turki, khawatir tidak bisa aktif maksimal di Partai Ummat," kata Sambo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/10/2021).

Sambo mengatakan, Partai Ummat menghargai keputusan Neno Warisman untuk mundur. Meski Neno sudah tak menjadi bagian dari Partai Ummat, kata dia, silaturahmi tetap terjalin dengan baik.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya