Comscore Tracker

Kebangkitan Partai Buruh Hanya Ambisi Pribadi Said Iqbal?

Partai Buruh dinilai punya tugas berat

Jakarta, IDN Times - Penghidupan kembali Partai Buruh dianggap ada kemungkinan sekadar ambisi pribadi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal.

"Nah sekarang pertanyaannya apakah itu kepentingan pribadi Said Iqbal atau tidak, ya gak tahu juga, itu kan mungkin ada kepentingan yang lain juga," ucap pengamat politik, Handri Satrio, Selasa (5/11/2021).

"Apakah itu ada kaitannya dengan ambisi pribadi atau kepentingan pribadi Said Iqbal, sangat mungkin," kata dosen Universitas Paramadina itu.

Baca Juga: Said Iqbal Klaim Jadi Calon Tunggal Ketua Umum Partai Buruh

1. Partai Buruh disebut memiliki tugas berat

Kebangkitan Partai Buruh Hanya Ambisi Pribadi Said Iqbal?Ribuan buruh mengikuti aksi unjuk rasa di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Fauzan)

Hendri menjelaskan Partai Buruh memiliki tugas yang cukup berat usai dideklarasikan. Tugas itu, kata dia, adalah menggandeng kembali sayap-sayap buruh yang sudah bergabung di partai politik (parpol) lain seperti di PAN, PKS, PDIP, dan Golkar.

"Jadi kalau ditanya bagaimana prediksinya apakah akan bagus, Said Iqbal perlu kerja yang sangat keras," kata pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI itu.

Senada dengan Hendri, pengamat politik lainnya, Ujang Komaruddin menambahkan kekuatan buruh itu besar. Namun, kata dia, saat ini dukungan buruh terpecah karena banyak yang sudah bergabung ke sejumlah parpol.

Dosen Universitas Al Azhar Indonesia itu mengatakan Partai Buruh akan sulit bersaing pada Pemilu 2024 bila tidak bersatu.

"Oleh karena itu Partai Buruh yang akan dideklarasikan kembali tersebut mesti menjaga basis massanya tersebut, agar tak lari ke partai lain. Kalau sudah solid dan bersatu, maka hambatan itu akan bisa teratasi," kata Ujang.

2. Said Iqbal klaim jadi calon tunggal ketua umum Partai Buruh

Kebangkitan Partai Buruh Hanya Ambisi Pribadi Said Iqbal?Presiden KSPI, Said Iqbal (IDN Times)

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan Partai Buruh akan kembali diaktifkan. Para pengurusnya berencana akan menggelar kongres pada 4-5 Oktober 2021 di Jakarta.

"Partai buruh yang akan dideklarasikan ulang dan akan melakukan kongres 4-5 oktober 2021 di Jakarta adalah merupakan kelanjutan partai buruh yang pernah ada yang didirikan," ujar Said Iqbal dikutip dari kanal YouTube Bicaralah Buruh, Minggu (3/10/2021).

Said mengklaim dirinya adalah calon tunggal ketua umum Partai Buruh. Menurutnya, calon ketua umum itu sudah disepakati 11 pendiri organisasi buruh.

"Memang mungkin bisa saja nanti sampai dengan nanti kongres ada yang bertambah, tapi bulat sampai hari ini baru satu nama yang disepakati untuk disetujui kongres, yaitu saudara Said Iqbal dari KSPI, presiden KSPI," katanya.

Ada sejumlah serikat buruh yang akan bergabung ke Partai Buruh. Mereka adalah Serikat Petani Indonesia (SPI), Forum Pendidik dan Tenaga Honorer Swasta Indonesia (FPTHSI), dan Gerakan Perempuan Indonesia (GPI) serta sejumlah serikat buruh lain.

"Pendiri kebangkitan Partai Buruh yang baru ini adalah empat konfederasi serikat pekerja terbesar di Indonesia, 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional," ucap Said Iqbal.

Baca Juga: Partai Buruh Dihidupkan Lagi, PPP: Tak Mudah Lewati Verifikasi Parpol

3. Alasan Partai Buruh diaktifkan kembali

Kebangkitan Partai Buruh Hanya Ambisi Pribadi Said Iqbal?Presiden KSPI Said Iqbal (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Said menjelaskan, alasan Partai Buruh diaktifkan kembali karena selama ini suara buruh, petani, dan nelayan tidak pernah didengar di parlemen dan pemerintahan.

"Di seluruh dunia, pasti ada partai buruh atau partai sosial demokrat dengan basis konstituennya adalah buruh. Hanya di Indonesia yang tidak ada lagi partai buruh," katanya.

Said mengatakan, pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja adalah bukti nyata suara buruh tidak didengarkan. Hal itu merupakan kekalahan telak yang dialami buruh.

"Semua kebijakan terkait kesejahteraan pasti diputuskan secara politik. Oleh karena itu, perlu adanya partai yang secara politik mewakili buruh, petani, dan konstituen di parlemen melalui partai politik," kata Said Iqbal.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya