Comscore Tracker

Keputusan Jadwal Pemilu 2024 Diperkirakan Diambil Usai DPR Reses

Jadwal Pemilu 2024 penting untuk segera ditetapkan, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Pengambilan keputusan terkait jadwal penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) 2024 diperkirakan akan dilakukan setelah DPR RI melakukan reses. 

"Sampai saat ini belum diagendakan pembahasan mengenai hal tersebut pada masa sidang sekarang," kata Anggota Komisi II DPR fraksi PAN, Guspardi Gaus, saat dihubungi, Jumat (26/11/2021).

"Sepertinya begitu (keputusan jadwal pemilu 2024 ditentukan setelah reses)," tambahnya.

Dia mengatakan, jadwal pemilu 2024 tak kunjung diputuskan karena KPU dan pemerintah belum satu suara. Keduanya memiliki usul yang berbeda. 

KPU mengusulkan pemilu 2024 digelar Februari, sementara pemerintah mengusulkan di bulan Mei.

Wakil Ketua Komisi II DPR fraksi PKB, Luqman Hakim, juga belum mengetahui kapan keputusan jadwal Pemilu 2024 diambil.

"Semoga pada masa sidang ini sudah ada keputusan KPU tentang tanggal pemilu 2024," kata Luqman dihubungi terpisah.

Sebagai informasi, DPR akan memasuki masa reses pada pertengahan Desember 2021.

Baca Juga: KPU Kembali Simulasi Pencoblosan untuk Sederhanakan Surat Suara Pemilu

1. Alasan mengapa jadwal pemilu 2024 harus segera ditetapkan

Keputusan Jadwal Pemilu 2024 Diperkirakan Diambil Usai DPR ResesKetua Pimpinan Pusat GP Ansor Luqman Hakim. (dok. IDN Times/stimewa)

Luqman mengatakan, akan semakin baik bila jadwal pemilu 2024 cepat diputuskan. Hal ini penting supaya KPU dan Bawaslu bisa segera menyiapkan berbagai tahapan penyelenggaraan.

"Kepastian tanggal pemilu 2024 sangat penting segera ditetapkan, untuk mengakhiri spekulasi publik mengenai adanya pihak tertentu di dalam kekuasaan yang berusaha menggagalkan pemilu 2024 dengan tujuan memperpanjang masa jabatan presiden sampai tahun 2027," ucapnya.

Bila spekulasi publik ini terus berkembang, sambungnya, yang akan dirugikan adalah rakyat, bangsa, dan negara. 

2. KPU bantah jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 alami deadlock

Keputusan Jadwal Pemilu 2024 Diperkirakan Diambil Usai DPR ResesGedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Sebelumnya, KPU membantah keputusan jadwal penyelenggaraan pemilu 2024 mengalami deadlock.

"Saya kira itu bukan deadlock. Masih ada waktu untuk berkoordinasi dan menindaklanjutinya. Mengingat jadwal dan tahapan merupakan hal yang sangat penting, maka hal itu juga memerlukan kajian yang mendalam agar tidak salah," ujar Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, saat dihubungi, Jumat (12/11/2021).

Dia menambahkan, koordinasi masih dilakukan untuk memutuskan kapan pemilu 2024 digelar dan KPU terbuka dengan berbagai masukan. 

"Koordinasi menjadi sangat penting untuk diharapkan ada titik temu dan solusi terbaik dalam rangka memastikan keputusan yang diambil akan dapat dilaksanakan secara efektif," ucapnya.

Baca Juga: MK Berikan 6 Opsi Format Pemilu 2024, Apa Saja?

3. Komisi II DPR tegaskan KPU yang tentukan jadwal penyelenggaraan pemilu

Keputusan Jadwal Pemilu 2024 Diperkirakan Diambil Usai DPR ResesKetua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang. IDNTimes/Larasati Rey

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, mengatakan bahwa keputusan jadwal penyelenggaraan pemilu 2024 berada di tangan KPU.

"Otoritas penentuan jadwal Pemilu mutlak berada di tangan KPU. Pasal 167 UU Pemilu secara tegas menyebutkan bahwa penentuan hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara ditentukan oleh KPU dengan keputusan KPU,” kata Junimart dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya