Klarifikasi soal MPR Usul Jokowi Copot Sri Mulyani, Ini Kata Bamsoet

Sri Mulyani disebut tak pernah hadir rapat saat diundang MPR

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengklarifikasi maksud pernyataan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad yang meminta Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencopot Menteri Keuangan Sri Mulyani. Bamsoet menjelaskan, maksud Fadel adalah dia ingin agar Sri Mulyani menghargai MPR.

"Sebagai Wakil Ketua MPR RI yang mengkoordinir Badan Penganggaran, Pak Fadel Muhammad merasakan betul sulitnya berkoordinasi dengan Menteri Keuangan. Sudah beberapa kali diundang oleh pimpinan MPR, Sri Mulyani tidak pernah datang. Dua hari sebelum diundang rapat, dia selalu membatalkan datang. Ini menunjukkan bahwa Sri Mulyani tidak menghargai MPR sebagai lembaga tinggi negara," kata Bamsoet dalam keterangannya, dikutip Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Protes Anggaran Turun, Pimpinan MPR Desak Jokowi Copot Sri Mulyani

1. Bamsoet tegaskan MPR dukung penanganan COVID-19

Klarifikasi soal MPR Usul Jokowi Copot Sri Mulyani, Ini Kata BamsoetGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Bamsoet menambahkan, MPR adalah salah satu lembaga tinggi negara. Ketika Badan Anggaran (Banggar) MPR mengundang Sri Mulyani untuk rapat, sambungnya, Menkeu tak pernah datang. Padahal, rapat itu untuk membahas refocusing anggaran COVID-19.

"Padahal, MPR RI senantiasa mendukung berbagai kinerja pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19 serta pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

2. Fadel minta Jokowi copot Sri Mulyani

Klarifikasi soal MPR Usul Jokowi Copot Sri Mulyani, Ini Kata BamsoetMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (youtube.com/sekretariatpresiden)

Sebelumnya, Fadel Muhammad mengusulkan agar Presiden Jokowi memberhentikan Menkeu Sri Mulyani.

"Maka kami ini atas nama pimpinan MPR Republik Indonesia, mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan saudari Menteri keuangan, karena kami anggap Menteri keuangan tidak etik, tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan kita demi untuk kelanjutan," kata Fadel kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Temui Andika, Ketua MPR Bamsoet Dorong Uang Lauk Prajurit TNI Ditambah

3. Fadel sebut anggaran MPR turun terus

Klarifikasi soal MPR Usul Jokowi Copot Sri Mulyani, Ini Kata BamsoetIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Fadel menjelaskan, pimpinan MPR pernah menemui Jokowi. Perbincangan pun dilakukan dan MPR meminta Jokowi menambah anggaran MPR.

Dia menambahkan, anggaran MPR kerap turun. Padahal, kata dia, jumlah pimpinan bertambah.

"Kami di MPR ini kan pimpinannya 10 orang, dulu cuma 4 orang kemudian (bertambah jadi) 10 orang. (Tetapi) anggaran di MPR ini malah turun, turun terus," ucapnya.

Dia menambahkan, Menteri Sekretariat Negara Pratikno pernah menyarankan mengenai masalah anggaran MPR ini. Saat itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo berkomunikasi dengan Pratikno. Namun, sambungnya, Sri Mulyani malah mengacuhkan masalah anggaran ini saat dibicarakan.

"Yang paling berat kecewa kita adalah kita rapat Banggar okelah, kalau Banggar saya koordinator, kemudian teman teman ketua Banggar dan lain lain rapat itu dengan dirjen. Pimpinan MPR rapat dengan Menteri Keuangan, kita undang dia (Sri Mulyani), sudah atur waktu semuanya, tiba-tiba dia batalin 2 hari kemudian, atur lagi, dia batalin," ucapnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya