Comscore Tracker

Lodewijk Dinilai Berpeluang Besar Gantikan Azis Jadi Pimpinan DPR

Airlangga tunda umumkan pengganti Azis Syamsuddin, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir menyebut sekretari jenderal partainya, Lodewijk F Paulus, memiliki peluang menjadi wakil ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin. Bahkan, peluang Lodewijk dinilai besar.

"Peluangnya besar," ujar Adies usai rapat pleno di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021).

Golkar belum mengumumkan siapa sosok pengganti Azis yang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

1. Airlangga umumkan nama pengganti Azis pada Rabu (29/9/2021)

Lodewijk Dinilai Berpeluang Besar Gantikan Azis Jadi Pimpinan DPRKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Adies mengatakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menunda pengumuman nama pengganti Azis, dari Selasa (28/9/2021) menjadi Rabu (29/9/2021) pukul 16.00 WIB. Ditundanya pengumuman karena agenda Airlangga besok padat.

Selain itu, sambungnya, karena Airlangga ingin mengantarkan sendiri surat pergantian Azis ke Ketua DPR Puan Maharani.

"Jadi karena hari Rabu, ketua umum ingin mengantarkan sendiri suratnya ke Ketua DPR bersama-sama ketua fraksi dan sekretaris fraksi," ucap Adies.

Baca Juga: Airlangga Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin di DPR pada Rabu

2. Adies beber kriteria pengganti Azis

Lodewijk Dinilai Berpeluang Besar Gantikan Azis Jadi Pimpinan DPRWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah oleh KPK, Sabtu dini hari (25/9/2021) (IDN Times/Aryodamar)

Dia menjelaskan pergantian Azis sebagai pimpinan DPR merupakan hak prerogatif Airlangga. Namun, kata dia, ada pertimbangan-pertimbangan dalam memutuskan sosok pengganti Azis.

"Saya selalu bilang, pertama (pergantian nama) ini hak prerogatif ketua umum tapi memperhatikan prestasi, dedikasi, loyalitas, kemudian tidak tercela (PDLT). Ada PDLT di dalam AD/ART Partai Golkar, itulah yang menjadi pertimbangan. Artinya apa? Integritas dan kapasitas calon betul-betul harus tidak diragukan lagi," ungkap Adies.

3. Golkar gelar rapat pleno tentukan pengganti Azis

Lodewijk Dinilai Berpeluang Besar Gantikan Azis Jadi Pimpinan DPRAzis Syamsuddin. (dpr.go.id)

DPP Golkar malam ini melakukan rapat pleno untuk membahas siapa yang akan menggantikan Azis sebagai wakil ketua DPR. Rapat pleno ini dihadiri pengurus DPP Golkar, secara langsung maupun virtual.

"Kalau feeling saya sudah dikantongi ketua umum, jadi sudah dikantongi nama (pengganti Azis) tersebut jadi tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno," kata Adies Kadir, di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (27/9/2021).

Ia mengatakan rapat pleno juga akan memutuskan pengganti Azis sebagai wakil ketua umum Partai Golkar. "Nanti malam juga akan diputuskan (posisi Azis di kepengurusan)," kata Adies.

Baca Juga: Ketua DPP Golkar Sebut Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis 

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya