Comscore Tracker

Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR

Penetapan Lodewijk dilakukan dalam rapat paripurna hari ini

Jakarta, IDN Times - DPR RI menggelar rapat paripurna ke-6 masa persidangan I tahun sidang 2021-2022. Dari rapat paripurna ini, Lodewijk F Paulus ditetapkan menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

Sidang paripurna ini dipimpin Ketua DPR Puan Maharani. Awalnya, Puan menanyakan ke seluruh anggota dewan apakah Azis Syamsuddin dapat diberhentikan atau tidak.

"Berdasarkan peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang tata tertib yang mengatur tata cara pimpinan DPR karena mengundurkan diri dari jabatan sebagai pimpinan DPR, maka perlu menetapkan pemberhentian saudara M Azis Syamsuddin dari jabatan Wakil Ketua DPR di bidang Korpolkam. Apakah dapat disetujui?" tanya Puan.

Puan lalu mengetok palu usai anggota dewan kompak menjawab setuju.

Puan menjelaskan pergantian antar waktu ini sesuai surat DPP Partai Golkar dan surat fraksi Partai Golkar per 28 September 2021. Dia pun lalu mengesahkan Lodewijk menjadi pimpinan DPR.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang, apakah saudara H Lodewijk F Paulus nomor anggota A-281 dapat ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR RI, apakah dapat disetujui?" tanya Ketua DPR, Puan Maharani saat memimpin sidang paripurna. Puan pun mengetok palu usai anggota dewan serentak menjawab setuju.

Setelah itu, Lodewijk melakukan sumpah sebagai Wakil Ketua DPR.

Baca Juga: [BREAKING] Profil Lodewijk, Pengganti Azis Syamsuddin di Pimpinan DPR

1. Dasco akui Lodewijk layak gantikan Azis

Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPRWakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, Lodewijk dipilih menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengakui Lodewijk pantas menjadi pimpinan DPR.

"Saya pikir dengan rekam jejak yang ada (Lodewijk) sudah cukup teruji dan tidak diragukan lagi untuk menjadi pimpinan DPR," ujar Dasco di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Dasco mengatakan DPR sudah menggelar badan musyawarah (Bamus) untuk menetapkan Lodewijk sebagai pimpinan DPR. Dia menambahkan hasil Bamus ini akan dilaporkan ke rapat paripurna yang digelar hari ini.

"Sudah penetapan, jadi nanti hasil Bamus disampaikan ke paripurna dan nanti paripurna menetapkan Wakil Ketua DPR yang baru dan setelah itu dikirimkan ke presiden," kata Dasco.

2. Airlangga putuskan Lodewijk gantikan Azis jadi pimpinan DPR

Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPRKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers pergantian Wakil Ketua DPR RI di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (29/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto datang ke DPR, kemarin. Airlangga menyerahkan nama pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR ke Ketua DPR, Puan Maharani.

"Sesuai dengan mekanisme berlaku, kami sudah konsultasi dengan senior Partai Golkar, dan dalam rapat pleno tanggal 27 September kemarin, Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara H Lodewijk F. Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin," ujar Airlangga saat konferensi pers di Gedung DPR/MPR Jakarta.

Baca Juga: Airlangga: Pemilihan Lodewijk Pengganti Azis Direstui Luhut-Bakrie

3. DPR gelar rapat paripurna untuk pergantian antar waktu pimpinan DPR

Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPRKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers pergantian Wakil Ketua DPR RI di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (29/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Rapat paripurna hari ini memproses pergantian antar waktu Lodewijk yang menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. 

"Sesuai dengan mekanisme tersebut pimpinan DPR tentu saja kemudian akan meneruskan mekanisme tersebut sehingga dalam waktu yang tidak lama, akan ada pergantian antar waktu, Wakil Ketua DPR RI dari Partai Golkar," ujar Puan.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya