Comscore Tracker

Lokasi Reuni 212 Berubah: Pagi di Patung Kuda Jakpus, Siang di Bogor

Kenapa bisa ada dua lokasi?

Jakarta, IDN Times - Reuni 212 akan digelar besok, Kamis, 2 Desember 2021. Panitia Reuni 212 mengubah konsep kegiatan ini, karena beberapa alasan.

Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya, mengatakan kegiatan Reuni 212 digelar di dua tempat. Pada pagi hari pukul 08.00-11.00 WIB, Reuni 212 akan digelar di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Eka menjelaskan kegiatan pada pagi hari adalah aksi super damai. "Aksi super damai ini untuk menyampaikan pendapat yang dilindungi UU Nomor 9 Tahun 1998," kata Eka dalam keterangannya, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Batal di Monas, Reuni 212 Digelar di Masjid Az-Zikra Arifin Ilham

1. Reuni 212 digelar di Bogor pada siang harinya

Lokasi Reuni 212 Berubah: Pagi di Patung Kuda Jakpus, Siang di BogorUmat muslim mengikuti aksi reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12/2018) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lalu siang hingga sore hari, kegiatan Reuni 212 bergeser ke kawasan Bogor, tepatnya di Masjid Az-zikra Sentul pada pukul 12.30-15.00 WIB. Tema acara ini yakni 'Bersama Mencari Solusi untuk Keselamatan NKRI'.

"(Acara ini berbentuk) silaturahmi dan dialog 100 ulama dan tokoh nasional," ucap Eka.

Dalam kegiatan ini, panitia akan menyediakan saluran live streaming. Terkait alasan Reuni 212 digelar di dua tempat berbeda, Eka enggan menjelaskan.

2. PA 212 belum dapat izin untuk gelar Reuni 212 di kawasan Patung Kuda

Lokasi Reuni 212 Berubah: Pagi di Patung Kuda Jakpus, Siang di BogorANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sebelumnya, Reuni 212 belum mendapat izin dari Satgas COVID-19 DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya. Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya mengatakan pihaknya masih menunggu izin tersebut.

"Ya sebenarnya izin ini memang, agak susah didapatkan karena polisi harus ada rekomendasi dari gugus COVID-19. (Izin dari) Gugus COVID-19 DKI. Kita sedang menunggu, mungkin sore ini sudah ada jawaban," kata Eka saat dihubungi, Senin, 29 November 2021.

Bila Satgas COVID-19 DKI Jakarta tak memberikan izin, Eka memperkirakan, Polda Metro Jaya juga tak akan memberikan izin kegiatan Reuni 212. Dia mengatakan acara Reuni 212 akan menjadi acara damai bila tak mendapat izin dari kepolisian.

"Andaikan Polda tidak memberikan izin, artinya ya kita akan membuat konsepnya seperti konsep awal kita yaitu turun aksi damai, super damai," ujar dia.

Bila menjadi acara aksi damai, Eka mengatakan, kegiatan tersebut tidak perlu izin. Panitia, kata dia, hanya memberikan surat tanda terima pemberitahuan (SPPT) ke kepolisian.

"Tetap akan menggelar (Reuni 212 bila tak ada izin) ya dengan tanpa harus izin, hanya STTP saja surat pemberitahuan," kata Eka.

Baca Juga: Wagub DKI Minta Rencana Reuni 212 Dikaji: Jangan Sampai Jadi Klaster

3. Rizieq Shihab akan menyampaikan orasi saat Reuni 212?

Lokasi Reuni 212 Berubah: Pagi di Patung Kuda Jakpus, Siang di BogorPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kegiatan Reuni 212 selalu menghadirkan eks pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (HRS). Lantas, apakah Rizieq akan menyampaikan orasi dalam bentuk rekaman seperti tahun lalu? Eka belum dapat memastikan. 

"Untuk teknis tersebut, sampai saat ini belum dibicarakan. Belum ada, sampai saat ini. Tidak tahu kalau nanti H-1 atau hari H-nya. Jadi sampai saat ini belum ada, belum ada konfirmasi hal tersebut," kata Eka Jaya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya