Comscore Tracker

Luhut Siapkan Skenario Bantuan Luar Negeri, PKS Ingatkan Hal Ini

Luhut akan meminta bantuan jika kasus covid tembus 40 ribu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akan meminta bantuan dari negara luar bila kasus harian COVID-19 di Indonesia lebih dari 40 ribu dalam sehari. 

"Terkait pemerintah meminta bantuan negara lain, menurut saya ini merupakan skenario yang tepat," kata Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani, saat dihubungi, Rabu (7/7/2022).

Baca Juga: Jika Kasus Capai 40 Ribu, Luhut Bakal Minta Bantuan Tiongkok-Singapura

1. Netty ingatkan prinsip kerja sama

Luhut Siapkan Skenario Bantuan Luar Negeri, PKS Ingatkan Hal IniInfografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Netty menambahkan segala sesuatu memang harus disiapkan, termasuk skenario terburuk di saat menangani pandemik COVID-19. Namun, Netty tak ingin bantuan dari pihak luar ini malah menimbulkan kerugian untuk Indonesia.

"Namun meminta bantuan negara lain ini tentunya harus sesuai dengan prinsip-prinsip kerja sama antara dua negara. Jangan sampai kerja sama ini nantinya justru merugikan kita di masa yang akan datang," ucapnya.

Baca Juga: Luhut Targetkan Mobilitas Warga Minus 50 Persen Saat PPKM Darurat

2. Luhut akan minta bantuan Tiongkok-Singapura

Luhut Siapkan Skenario Bantuan Luar Negeri, PKS Ingatkan Hal IniIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan kasus harian COVID-19 di Indonesia bisa saja mencapai 40 ribu dalam sehari. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan skenario terburuk.

“Ini angka ini bisa akan terkait seperti hari kemarin 29 ribu, bisa saja mungkin nanti kita sampai ke 40 ribu atau pun lebih,” ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menambahkan pemerintah telah berkomunikasi terkait bantuan dengan negara lain jika kasus harian COVID-19 mencapai 40 ribu. Di antaranya dengan Tiongkok dan Singapura.

“Jadi, baik mengenai obat, mengenai oksigen, maupun tadi, rumah sakit. Kalau ada yang bilang tadi perlu bantuan dari luar, kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok dan komunikasi juga dan sumber-sumber lain,” ucap Luhut.

3. Luhut yakin Indonesia bisa atasi pandemik COVID-19

Luhut Siapkan Skenario Bantuan Luar Negeri, PKS Ingatkan Hal IniIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Luhut menyakini Indonesia akan mampu mengatasi pandemik COVID-19. Pemerintah telah mengerahkan segala kekuatan untuk melakukan penanganan.

Sehingga, ia meminta tidak ada lagi yang meremehkan Indonesia dalam penanganan pandemik COVID-19.

“Jadi jangan ada yang menganggap underestimate bahwa Indonesia ini tidak bisa mengatasi,” tegas Luhut.

Baca Juga: Obat Langka dan Mahal, Luhut Sebut Pemerintah Akan Buat Aturan Harga

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya