Comscore Tracker

Makin Siang, Massa Terus Berdatangan ke Patung Kuda Monas Demo Jokowi 

Massa yang baru tiba ini melakukan demo secara terpisah

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) masih berunjuk rasa di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), kawasan Monas, Jakarta Pusat. BEM SI demo dalam rangka tujuh tahun pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo. Semakin siang, massa semakin banyak yang datang.

Pantauan IDN Times, massa BEM SI berunjuk rasa di sekitar Patung Kuda, tepatnya di depan pintu masuk Barat Daya Monas, dari sekitar pukul 11.55 WIB. Sekitar pukul 13.15 WIB, sejumlah mahasiswa terlihat berdatangan lagi ke pintu masuk Monas ini.

Massa yang baru datang ini long march dan juga membawa satu mobil komando. Mereka datang membawa spanduk dan memakai almamater kampusnya.

Namun, massa mahasiswa ini tidak bergabung ke massa yang sudah lebih dulu tiba. Massa mahasiswa yang baru tiba ini berunjuk rasa secara terpisah di samping massa BEM SI yang sudah tiba pertama kali.

Isi orasi para mahasiswa ini sama, yakni ingin Jokowi mundur dari jabatannya sebagai presiden dan mempertanyakan penanganan kasus korupsi oleh KPK yang sudah lemah.

Baca Juga: Massa BEM SI Hujan-hujanan Demo Jokowi di Patung Kuda

1. Sekelompok massa datang lagi tapi tidak bergabung dengan massa BEM SI

Makin Siang, Massa Terus Berdatangan ke Patung Kuda Monas Demo Jokowi Massa aksi BEM SI melakukan unjuk rasa, di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sekitar pukul 13.20 WIB, datang lagi massa yang berbeda dari Jalan Medan Merdeka Selatan arah Balai Kota DKI ke Patung Kuda. Sekumpulan massa ini datang dengan membawa satu mobil komando. Spanduk dan poster-poster juga dibawa.

Namun, massa ini tidak mengarah ke pintu Monas atau bergabung dengan massa BEM SI. Massa ini bertahan di sekitar traffic light Patung Kuda. Polisi pun sudah berada di sekitar lokasi untuk pengamanan.

2. BEM SI minta Jokowi mundur

Makin Siang, Massa Terus Berdatangan ke Patung Kuda Monas Demo Jokowi (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, BEM SI melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Arjuna Wijaya, Jakpus. Massa meminta Presiden Jokowi mundur.

"Mundur, mundur, mundur Pak Jokowi, mundur Pak Jokowi sekarang juga. Hidup mahasiswa," ujar seorang orator dari atas mobil komando, yang diikuti mahasiswa lainnya sambil bertepuk tangan.

Dalam demo ini, massa mempertanyakan penanganan korupsi di Indonesia dan pelemahan KPK. Polisi pun masih bersiaga di sekitar lokasi. Hujan sudah reda dan lalu lintas terpantau lancar.

Baca Juga: BEM SI Demo di Istana, Tuntut 12 Hal Ini ke Jokowi

3. Massa BEM SI hujan-hujanan demo Jokowi

Makin Siang, Massa Terus Berdatangan ke Patung Kuda Monas Demo Jokowi Massa aksi BEM SI tiba untuk melakukan unjuk rasa, di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, massa BEM SI tiba di lokasi aksi, Patung Arjuna Wijaya, disambut hujan. Massa pun berunjuk rasa sambil hujan-hujanan.

Pantauan IDN Times, massa BEM SI tiba di area Patung Kuda sekitar pukul 11.30 WIB, dengan satu mobil komando. Setibanya, polisi mengarahkan massa ke pintu barat daya Monas. Dalam aksi demo ini, massa membawa bendera dan aneka spanduk.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya