Comscore Tracker

Massa BEM SI Hujan-hujanan Demo Jokowi di Patung Kuda

Polisi berpakaian APD siaga di lokasi aksi

Jakarta, IDN Times - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tiba di Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), kawasan Monas, Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa. Kedatangan massa BEM SI ini disambut hujan, sehingga mereka pun demo hujan-hujanan.

Pantauan IDN Times, massa BEM SI tiba di area Patung Kuda sekitar pukul 11.30 WIB, dengan satu mobil komando. Setibanya, polisi mengarahkan massa ke pintu barat daya Monas. Dalam aksi demo ini, massa membawa bendera dan aneka spanduk.

Baca Juga: BEM SI Demo di Istana, Tuntut 12 Hal Ini ke Jokowi

1. Masih pandemik, polisi minta massa jaga jarak

Massa BEM SI Hujan-hujanan Demo Jokowi di Patung KudaMassa aksi BEM SI tiba untuk melakukan unjuk rasa, di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelum para mahasiswa tiba di lokasi aksi, polisi sudah lebih dulu berjaga di lokasi. Dengan pengeras suara dari mobil pengurai massa (raisa), aparat meminta massa BEM SI untuk menjaga jarak.

"Kondisi masih pandemik, dimohon adik-adik untuk menjaga jarak. Silakan menyampaikan aspirasi," ujar polisi.

2. Polisi APD siaga di lokasi

Massa BEM SI Hujan-hujanan Demo Jokowi di Patung KudaMassa aksi BEM SI tiba untuk melakukan unjuk rasa, di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Polisi berpakaian alat pelindung diri (APD) pun ikut bersiaga di sekitar lokasi. Lalu lintas di sekitar Patung Kuda pun terpantau ramai lancar. 

Sekitar pukul 11.55 WIB, massa BEM SI melakukan aksi di sekitar pintu masuk Monas. Orator bergantian berorasi.

Baca Juga: Rapor Merah Jokowi di 2 Tahun Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat 

3. BEM SI demo dalam rangka 7 tahun kepemimpinan Jokowi

Massa BEM SI Hujan-hujanan Demo Jokowi di Patung KudaTerjadi kericuhan saat aksi demo BEM SI di depan Gedung KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Sebelumnya, Koordinator Media BEM SI Muhammad Rais mengatakan, demo kali ini dalam rangka tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Tujuh tahun pemerintahan Jokowi ramai isu-isu yang diperbincangkan, namun ternyata tidak banyak membawa terobosan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Indonesia. Sangat disayangkan lagi bahwa selama menjabat dua periode ini semua usaha yang dilakukan Jokowi tidak membawa hasil," kata Rais dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021).

BEM SI pun mengajak seluruh mahasiswa Indonesia bergabung dalam demo kali ini. "Kami mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti aksi nasional," kata Rais.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya