Comscore Tracker

Megawati: Patung Sukarno Bukan Berhala!

Megawati ingin patung Sukarno ada di berbagai daerah

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri membantah patung Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno yang kini banyak dibangun di sejumlah tempat, sebagai berhala atau benda untuk pemujaan. Kendati, Megawati ingin patung Sukarno ada di semua daerah.

Keinginan tersebut disampaikan kepada kadernya dalam acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno di Lampung dan 16 kantor PDI Perjuangan.

"Jadi, kalau memungkinkan, maka tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong-royong, bikin lah di setiap daerah, yang namanya patung beliau (Bung Karno). Mau tidak mau, suka tidak suka, beliau adalah proklamator kita, bapak bangsa dan diberi gelar pahlawan nasional," kata Megawati pada acara tersebut yang disiarkan di kanal YouTube PDI Perjuangan, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Megawati: Apakah Ada Aturan PDIP Tidak Boleh Menang Pemilu Terus? 

1. Megawati tegaskan patung Sukarno bukanlah berhala

Megawati: Patung Sukarno Bukan Berhala!Megawati Soekarnoputri bersama dengan Prananda Prabowo dan istrinya di depan Patung Bung Karno di Kementerian Pertahanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Megawati mengakui sebuah patung sifatnya simbolis. Namun dengan ada sebuah patung, kata dia, akan menjadi pengingat kepada generasi muda tentang siapa Bung Karno.

Sebuah patung, menurut Megawati, merepresentasikan sosok seseorang. Dia pun membantah patung yang didirikan itu sebagai berhala.

"Ada yang mengatakan, itu kan, kalau dari Islam 'garis keras' mengatakan tidak boleh, takut itu (patung Sukarno) didewakan atau disembah. Tidak ada niat seperti itu. Hanya sebuah pengenalan dari sosok pahlawan-pahlawan," ucapnya.

2. Tak hanya Sukarno, Megawati ingin semua pahlawan Indonesia memiliki patung

Megawati: Patung Sukarno Bukan Berhala!Patung Pahlawan Revolusi yang berada di Museum Pancasila Sakti/Lubang Buaya yang berada di Jakarta Timur (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Meski demikian, Megawati mengaku tak ingin hanya ada patung Sukarno di berbagai daerah. Dia ingin semua pahlawan Indonesia terdapat patung sendiri.

Megawati bercerita, dirinya sempat tidak mengetahui pahlawan nasional yang bernama Pattimura saat kecil dulu. Dia tahu sosok Pattimura saat diceritakan ayahnya.

"Saya sering kali mengatakan, kalau bisa seluruh pahlawan bangsa ini harusnya diwujudkan di dalam bentuk fisik, sosok. Mana anak muda masih mengetahui (sosok para pahlawan). Saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya, seperti apa sosok umpamanya Pattimura, saya tidak tahu," ungkapnya.

Baca Juga: Megawati: Apakah Ada Aturan PDIP Tidak Boleh Menang Pemilu Terus? 

3. Megawati tegaskan Indonesia merdeka bukan karena diberi

Megawati: Patung Sukarno Bukan Berhala!ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, Megawati bercerita kemerdekaan Indonesia tidaklah karena diberi pihak-pihak tertentu. Kemerdekaan Indonesia, kata dia, merupakan hasil perjuangan seluruh pahlawan Indonesia.

"Ini pun seharusnya terus diceritakan kepada generasi muda kita bahwa kita itu merdeka tidak diberi, tidak kita membayar. Kita berjuang dengan darah dan air mata dan sampai banyak sekali yang meninggalkan dunia," kata Megawati.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya