Comscore Tracker

NasDem dan Golkar Setuju Pemilu 2024 Digelar 15 Mei

Untuk efisiensi anggaran dan efektivitas roda pemerintahan

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah mengusulkan Pemilu 2024 digelar 15 Mei. Fraksi NasDem di DPR sepakat dengan usulan itu.

"Ya kalau Fraksi NasDem di Komisi II mendukung usulan pemerintah terkait dengan waktu pelaksanaan Pemilu tanggal 15 Mei," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa kepada wartawan, Selasa (27/9/2021).

Baca Juga: PKB: Pemerintah Ada 'Kepentingan' Jika Pemilu 2024 Digelar 15 Mei

1. Dua alasan NasDem setuju usulan itu

NasDem dan Golkar Setuju Pemilu 2024 Digelar 15 MeiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Saan Mustopa mengatakan, NasDem setuju Pemilu 2024 digelar 15 Mei karena akan ada efisiensi anggaran. Dia menjelaskan, KPU mengusulkan anggaran Pemilu 2024 sekitar Rp86 triliun, sementara untuk pilkada kurang lebih Rp26 triliun.

Anggaran yang diusulkan ini, sambungnya, belum ditambah dari Kemendagri, Bawaslu, dan DKPP.

"Tentu ini menjadi berat buat negara dalam situasi tengah mengalami krisis akibat pandemik, itu harus kita efisienkan. Bagian mana yang kita efisienkan tentu melihat tahapan-tahapannya semua," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, NasDem melihat efektivitas jalannya pemerintahan. Bila Pemilu 2024 digelar terlalu cepat, sambungnya, akan terjadi tenggat waktu terlalu lama hingga pelantikan presiden. Hal ini juga akan mengganggu proses efektivitas pemerintahan.

"Kalau di Februari kan 8 bulan waktu yang sangat lama untuk peralihan ke presiden baru, itu ada dinamika politik yang efeknya kurang bagus," kata Saan.

2. Golkar juga sepakat Pemilu digelar 15 Mei

NasDem dan Golkar Setuju Pemilu 2024 Digelar 15 MeiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Golkar setuju dengan usulan pemerintah terkait Pemilu digelar 15 Mei 2024. Usulan ini sudah disetujui seluruh kader Golkar.

"Kami kemarin rapat, tadi malam rapat pleno, saya sampaikan di rapat pleno dan dua kali malah. Hari Sabtu rapat harian terbatas saya sampaikan juga, kemudian tadi malam rapat pleno saya sampaikan, ketua umum setuju dan semua rapat menyatakan setuju (Pemilu 2024) tanggal 15 Mei," ucap Doli.

Baca Juga: Serangan Giring ke Anies Dinilai Akan Rugikan PSI di Pemilu 2024

3. Pemerintah usul Pemilu 2024 digelar 15 Mei

NasDem dan Golkar Setuju Pemilu 2024 Digelar 15 MeiMenkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Sebelumnya, Mahfud MD menyebut pemerintah mengusulkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan DPR agar Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei. Tanggal tersebut, kata Mahfud, dianggap paling rasional untuk diajukan sebelum pada 7 Oktober 2021. 

"Sesudah disimulasikan dengan berbagai hal yang terkait, misal agar dapat memperpendek kegiatan, masa kampanye, jarak antara pemungutan suara dan pelantikan presiden tidak terlalu lama, adanya gugatan sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), putaran kedua pemungutan suara hingga hari-hari besar keagamaan serta nasional, maka pilihan pemerintah (Pemilu 2024) pada 15 Mei," ungkap Mahfud dalam keterangan video yang diunggah di kanal YouTube Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan, Senin (27/9/2021). 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya