Comscore Tracker

PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024

PAN apresiasi langkah Gerindra ingin usung Prabowo

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra ingin mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Partai Amanat Nasional (PAN) pun mengapresiasi langkah yang diambil Gerindra.

"PAN mengapresiasi. PAN telah dua kali mendukung Pak Prabowo sebagai capres, yaitu di Pilpres 2014 ketika Pak Prabowo berpasangan dengan Ketua Umum PAN Bang Hatta Rajasa, dan di Pilpres 2019 ketika berpasangan dengan Mas Sandiaga Uno," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Sekjen Gerindra: Insyaallah Prabowo Akan Maju di Pilpres 2024 

1. Pengusungan capres-cawapres kewenangan Zulkifli Hasan

PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Viva Yoga menjelaskan, PAN sedang fokus menata organisasi partai secara modern dengan mengembangkan budaya digital. Selain itu, PAN juga sedang membantu pemerintah dalam percepatan program pemulihan ekonomi nasional dan melaksanakan kegiatan kemanusiaan kepada masyarakat, dengan pembagian sembako serta vaksinasi gratis.

Terkait Pilpres 2024, dia mengatakan, pengusungan capres-cawapres merupakan kewenangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Sikap PAN, sesuai dengan hasil Rakernas II PAN pada tanggal 31 Agustus 2021, bahwa tentang kebijakan pilpres kewenangan penuh diserahkan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam proses pencalonan capres/ cawapres," ucapnya.

2. PAN ingin usung ketumnya sebagai capres 2024

PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Viva Yoga mengatakan, PAN saat ini masih membuka diri untuk berkomunikasi dengan partai politik maupun bakal capres/cawapres. Dia mengakui, PAN tidak dapat sendirian mengusung pasangan calon (paslon). Sebab, ambang batas pencalonan capres-cawapres berat, yakni memenuhi syarat presidential threshold sebesar 20 persen.

"PAN menginginkan dan memperjuangkan agar Ketua Umum PAN Bang Zulkifli Hasan dapat maju di Pemilu Presiden 2024. Alasannya, karena Bang Zul memiliki visi kebangsaan yang jelas, kapasitas dan kompetensi sebagai seorang leader, berpengalaman mengelola organisasi pemerintahan, memiliki integritas pribadi yang kuat, ramah, dan berdarah NKRI," ujar Viva.

Baca Juga: Diundang Acara PAN, Ridwan Kamil Ngaku Siap Diusung Jadi Capres 2024

3. Gerindra ingin usung Prabowo sebagai capres 2024

PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, meski sudah tiga kali kalah dalam pemilihan presiden, Prabowo Subianto tidak kapok. Partai Gerindra mengumumkan pada Pemilu 2024 mendatang, Menteri Pertahanan itu bakal kembali maju. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, meski belum diumumkan secara resmi dalam kongres partai, tetapi Prabowo bakal maju lagi untuk kali keempat dalam Pilpres 2024. 

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo insyaallah akan maju dalam laga pilpres," ungkap Muzani ketika hadir dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Gerindra Sulawesi Selatan pada Sabtu, 9 Oktober 2021 lalu. 

Menurut Muzani, Prabowo bakal maju untuk kali keempat di pilpres atas keinginan seluruh kader partai berlambang burung garuda itu. "Majunya Beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud. Maka apa yang baru saudara ucapkan (meminta Prabowo maju di pilpres) akan kami teruskan," tuturnya lagi. 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya