Partai Ummat Siap Ikut Pemilu 2024, Akan Berkoalisi dengan PAN?

Partai Ummat targetkan dapat posisi 5 besar di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Partai Ummat besutan Amien Rais mengaku siap ikut Pemilu 2024. Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan, partainya menargetkan posisi 5 besar di Pemilu 2024.

"Sekarang kalau target kita justru caranya dulu atau bagaimana proyeksi yang disasar. Kalau target capaiannya 3-5 besar insyaallah" kata Ridho di Kantor Partai Ummat, Jl Tebet Timur Dalam Raya, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Pengurus Partai Ummat Ramai-Ramai Mundur, Ketum: Cuma Masalah Kecil

1. Apakah Partai Ummat akan berkoalisi dengan PAN di Pemilu 2024?

Partai Ummat Siap Ikut Pemilu 2024, Akan Berkoalisi dengan PAN?Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi

Saat ditanya awak media perihal Partai Ummat ingin berkoalisi dengan siapa di Pemilu 2024 nanti, Ridho tak memberi jawaban pasti. Apakah ingin berkoalisi dengan PAN atau membentuk koalisi poros Islam, Ridho juga tak menjawabnya.

Menantu Amien Rais ini hanya mengatakan, Partai Ummat akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang memiliki visi misi sama, yakni melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Saat ini garis kami adalah melihat, selama ini sama-sama melawan kezaliman, tegakkan keadilan dalam berbagai domain, siapapun itu, berarti itu kita bisa berkoalisi, gitu," ujar Ridho.

"Jadi prinsipnya lebih mudah melihat dari situ. Nah, sejauh ini ya mungkin, saya belum, dalam konteks yang kami komentari contohnya agraria segala macam, kami belum melihat partai-partai lain untuk menyampaikan hal-hal yang serupa," kata dia saat ditanya apakah Partai Ummat ingin berkoalisi dengan PAN atau tidak.

2. Partai Ummat dapat SK Kemenkumham

Partai Ummat Siap Ikut Pemilu 2024, Akan Berkoalisi dengan PAN?Partai Ummat (YouTube Partai Ummat Official)

Diberitakan sebelumnya, Partai Ummat resmi mendapat SK dari Kemenkumham sebagai parpol. Kabar tersebut disampaikan Ridho Rahmadi.

Ridho merupakan menantu Amien Rais. SK tersebut disahkan pada 20 Agustus 2021 dengan Nomor M.HH-13.AH.11.01 Tahun 2021, tentang pengesahan badan hukum Partai Ummat.

"Dengan menyebut nama Allah, kami mengumumkan kepada masyarakat bahwa Kemenkumham telah mengesahkan badan hukum Partai Ummat," ujar Ridho dalam siaran langsung di kanal YouTube Partai Ummat Official, Sabtu (28/8/2021).

3. Amien Rais ucapkan terima kasih ke pemerintah

Partai Ummat Siap Ikut Pemilu 2024, Akan Berkoalisi dengan PAN?Amien Rais (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Amien Rais yang juga hadir dalam acara tersebut, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas pengesahan SK dari Kemenkumham. Dia mengatakan, Partai Ummat akan meramaikan jalannya politik nasional.

"Kami berusaha keras untuk mencegah agar demokrasi kita tidak merosot menjadi oligarki politik dan ekonomi," ucap Amien.

Menurutnya, oligarki menyebabkan hak masyarakat menjadi terinjak-injak dan dapat menyengsarakan masyarakat.

Baca Juga: Agung Mozin: Kader Keluar dari Partai Ummat karena Pakai Akal Sehat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya