PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   

Arsul Sani sebut PPP belum bahas Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, mengatakan partainya menghormati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ingin menduetkan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pada Pilpres 2024. 

"Tentu partai-partai lain hormati keinginan PKB. Sebagaimana partai-partai lainnya, tentu PKB juga menjajaki koalisi dengan parpol lain dan wajar menawarkan Ketumnya (Cak Imin)," ujar Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, saat dihubungi, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 

1. Arsul Sani: PPP belum bahas Pilpres 2024

PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   IDN Times/Irfan Fathurohman

Arsul Sani mengatakan seseorang yang menjadi calon presiden (capres) akan berhati-hati memilih pasangannya. Sebab mencari pasangan tidak hanya sekedar melihat orang tersebut berasal dari partai besar atau tidak.

"Tetapi juga akan melihat akseptabilitas elemen-elemen masyarakat secara keseluruhan. Pak PS (Prabowo Subianto) dan timnya juga akan seperti itu, meneliti dengan seksama, akseptabilitas dan elektabilitas siapa yang akan jadi cawapresnya," katanya.

Arsul Sani mengatakan sampai saat ini partainya belum secara khusus membahas soal Pilpres.

Baca Juga: Cak Imin Umumkan Visi PKB tentang Haluan Politik Internasional

2. PKB buka peluang Prabowo-Cak Imin atau Cak Imin-Prabowo

PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan partainya menyambut baik kemungkinan Prabowo maju lagi. Bahkan, kata Jazilul, partainya membuka peluang memasangkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Prabowo di Pilpres 2024.

"Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat," kata Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: PAN Ingin Usung Ketua Umumnya Zulkifli Hasan Sebagai Capres 2024

3. Jazilul: PKB selalu menjadi penentu kemenangan

PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   Baliho Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Jazilul mengatakan, sebagai partai moderat, PKB bisa membuka komunikasi dengan partai politik manapun. Selama ini, lanjutnya, PKB terus menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain dan PKB cukup bisa diterima dengan baik, bahkan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan.

"Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat," ujarnya.

Menurut Jazilul, kepastian akan majunya kembali Prabowo sebagai capres untuk ketiga kalinya membuat arah politik semakin terpetakan.

"PKB senang kalau Pak Prabowo mencalonkan diri lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu," katanya.

Baca Juga: PKB Sindir Anies soal Pilkada DKI Diundur ke 2024: Mungkin Lupa UU

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya