Comscore Tracker

Polri Siapkan Strategi Ini Cegah Kemacetan Saat Libur Akhir Tahun 

Petugas tak akan putar balik kendaraan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru 2022. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di libur akhir tahun, Korlantas Polri akan menerapkan contra flow.

"Kemudian untuk buka tutup rest area apabila terjadi kepadatan di tol, itu juga dilakukan, dan juga melaksanakan contra flow pada saat arus mudik maupun arus balik secara situasional. Jadi kalau ada kepadatan baru dilaksanakan," kata Pelaksana Tugas Kabag Operasional Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto saat rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: BMKG: Ada Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon Banten saat Libur Nataru

1. Ratusan ribu personel disiapkan untuk pengamanan libur akhir tahun 2021

Polri Siapkan Strategi Ini Cegah Kemacetan Saat Libur Akhir Tahun Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2022, Dodi menjelaskan, Polri akan menggelar Operasi Lilin 2021.

Dia mengatakan, sebanyak 117.212 personel dilibatkan dalam operasi ini. Untuk personel dari Mabes Polri sebanyak 730 personel. Personel dari jajaran Polda sebanyak 100.017, dan dari instansi terkait ada 76.465 orang.

Lebih lanjut, dia mengatakan, sebanyak 1.845 pos pengamanan (pospam) disiapkan untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2022. Dari Operasi Lilin 2021 ini juga, gereja yang diamankan ada 44.990, terminal 864, pelabuhan 643, bandara 217, stasiun 288, pasar 4.524, objek wisata 4.519 dan objek pergantian tahun yang diamankan 2.076.

"Untuk sarpras (sarana dan prasarana) ada 2.000 CCTV yang tergelar di sepanjang jalur di Indonesia," ucapnya.

2. Kendaraan angkutan barang belum dilarang melintas di jalan tol

Polri Siapkan Strategi Ini Cegah Kemacetan Saat Libur Akhir Tahun Pemeriksaan dilakukan hingga pada truk-truk yang melintas. Dok/Humas Pemkot Malang

Dia menambahkan, kendaraan angkutan barang belum dilarang di jalur tol saat libur Natal dan Tahun Baru 2022. Dodi mengatakan, Korlantas Polri akan mengajukan larangan kendaraan angkutan barang untuk melintas di tol, agar tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Memang dari perhubungan (Kementerian Perhubungan) tidak mengajukan adanya larangan kendaraan barang untuk berjalan selama Natal dan tahun baru ini, namun kami nanti akan mengajukan pada saat puncak arus balik dan puncak keberangkatan, itu kami ajukan larangan untuk kendaraan barang berjalan di jalan tol," terangnya.

Baca Juga: Nataru, Pengunjung Mal dan Restoran Tangsel Dibatasi Hanya 50 Persen

3. Petugas tak akan putar balik kendaraan

Polri Siapkan Strategi Ini Cegah Kemacetan Saat Libur Akhir Tahun Sebuah mobil berusaha putar balik keluar dari antrean kendaraan yang akan melewati titik pemeriksaan di perbatasan Kabupaten Gowa dan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/5/2020) (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dodi juga menambahkan, personel yang berjaga akan mengendepankan langkah preentif dan preventif kepada masyarakat. Langkah refresif akan dilakukan bila tindakan preentif dan preventif tak dapat mengatasi masalah yang timbul.

Lebih lanjut, dia mengatakan, kendaraan yang melanggar tidak akan diputar balik.

"Jadi tidak ada kendaraan yang diputar balik, dan sesuai arahan Bapak Presiden, jangan sampai ada masyarakat yang dirugikan atau menjadi susah," katanya.

Petugas di lapangan akan mengecek kendaraan yang melintas secara random sampling. Pengendara akan dicek sudah vaksinasi COVID-19 atau belum. Bila belum divaksin, petugas akan mengarahkan kendaraan tersebut ke pos untuk divaksin.

"Dan apabila saat random sampling tersebut ditemukan ada yang positif, maka di pos tersebut disiapkan tempat untuk karantina terbatas, yang disediakan petugas medis dan ambulans yang sudah terhubung dengan rumah sakit yang sudah dirujuk. Ini ada di sepanjang jalan tol yang nanti akan kami siapkan," imbuhnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya