Comscore Tracker

PPP: Ada Permintaan Usung Anies dan Khofifah di Pilpres 2024

"Masih prematur untuk bicara itu."

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menggelar pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim ada permintaan dari masyarakat agar PPP mengusung Anies Baswedan dan Khofifah Indar Prawansa.

"Sebagai parpol (partai politik) PPP tentu tidak menutup aspirasi dari berbagai elemen masyarakat yang meminta PPP untuk mempertimbangkan sejumlah nama, termasuk Anies dan Khofifah," kata Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, saat dihubungi, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Puan Maju Jadi Capres 2024? Elite PDIP: Kewenangan Megawati

1. PPP masih akan fokus membantu pemerintah

PPP: Ada Permintaan Usung Anies dan Khofifah di Pilpres 2024IDN Times/Margith Juita Damanik

Arsul Sani tidak merinci siapa elemen masyarakat yang ingin PPP mengusung Anies dan Khofifah. Dia hanya mengatakan Pilpres 2024 masih lama. Saat ini Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin masih fokus mengatasi pandemik COVID-19.

"Karena itu PPP memandang saat ini belum pas untuk secara intensif membahas soal sosok yang akan diusung dalam Pilpres 2024," lanjutnya.

Politisi PPP ini melanjutkan tidak ada larangan bila ada elemen masyarakat yang mulai menyuarakan sosok potensial untuk Pilpres 2024. Sebab, Indonesia ini adalah negara demokrasi. Namun Arsul Sani mengatakan PPP masih fokus untuk membantu pemerintah dalam menangani wabah COVID-19.

"Namun bagi parpol seperti PPP yang ada dalam koalisi pemerintahan maka masih prematur untuk bicara itu. Fokus kami adalah bagaimana bisa mem-back up pemerintahan saat ini bisa menjalankan mandatnya terutama dalam menanggulangi efek buruk sektor kesehatan dan perekonomian negara kita," katanya.

Baca Juga: Puan Maju Jadi Capres 2024? Elite PDIP: Kewenangan Megawati

2. Puan Maju di Pilpres 2024? Elite PDIP: Kewenangan Megawati

PPP: Ada Permintaan Usung Anies dan Khofifah di Pilpres 2024Politikus PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Selain Anies Baswedan dan Khofifah, nama lain yang disebut bakal maju dalam Pilpres 2024 adalah Ketua DPR Puan Maharani. Namun elite PDI Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, mengaku belum mengetahui kabar ini.

"Waduh saya tidak tahu. (Pengusungan capres) itu kewenangan Ketum (Megawati Soekarnoputri) untuk memutuskan.," ujar Hendrawan Supratikno, saat dihubungi, Kamis (29/7/2021) malam.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Belum Surut, KPU Pastikan Pilpres Tetap Digelar 2024

3. PKS usung Salim Segaf untuk Pilpres 2024

PPP: Ada Permintaan Usung Anies dan Khofifah di Pilpres 2024ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sementara PKS bakal mengusung Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-jufri dalam Pilpres 2024 nanti.

"Kalau keputusan terakhir, kami sementara menokohkan Ketua Majelis Syuro Doktor Salim Segaf Al-jufri (untuk Pilpres 2024)," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Selasa (27/7).

Mardani menjelaskan PKS berkomunikasi dengan semua kalangan untuk berkoalisi saat Pemilu 2024. Bahkan PKS tidak hanya berkomunikasi dengan partai politik saja. Namun Mardani tidak merinci sudah berkomunikasi dengan partai mana saja.

"Hingga PKS membuka komunikasi dengan semua pihak, termasuk tokoh dan partai politik karena pemilik tiket adalah partai politik. Lalu dari komunikasi tersebut kita mulai membangun kerangka, jadi PKS bukan siapanya dulu tapi sama tidak kerangkanya dalam membangun negeri," ucapnya.

Baca Juga: Siap Usung Salim Segaf, PKS Buka Koalisi untuk Pilpres 2024

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya