Comscore Tracker

Protes Anggaran Turun, Pimpinan MPR Desak Jokowi Copot Sri Mulyani

Fadel sebut anggaran MPR terus mengalami penurunan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad mengatakan bahwa pimpinan MPR mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mencopot Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menurutnya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu tak pandai sebagai bendahara negara.

"Maka kami, ini atas nama pimpinan MPR Republik Indonesia mengusulkan kepada presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan saudari menteri keuangan, karena kami anggap menteri keuangan tidak etik, tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan kita demi untuk keberlanjutan," kata Fadel kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Wakil Ketua MPR: Putusan MK soal UU Cipta Kerja Bikin Masalah Baru

1. Fadel sebut anggaran MPR turun terus

Protes Anggaran Turun, Pimpinan MPR Desak Jokowi Copot Sri MulyaniIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Fadel menjelaskan, pimpinan MPR pernah menemui Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu, pihaknya melakukan diskusi terkait anggaran MPR yang kerap turun.

"Kami di MPR ini kan pimpinannya 10 orang, dulu cuma 4 orang kemudian (bertambah jadi) 10 orang. (Tetapi) anggaran di MPR ini malah turun, turun terus," ucapnya.

2. Sri Mulyani disebut sering batalkan rapat bersama MPR

Protes Anggaran Turun, Pimpinan MPR Desak Jokowi Copot Sri MulyaniMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (youtube.com/sekretariatpresiden)

Fadel menyampaikan, Ketua MPR Bambang Soesatyo pernah melakukan komunikasi dengan Menteri Sekretariat Negara Pratikno terkait masalah anggaran MPR. Saat itu, dia merekomendasikan agar mengundang Sri Mulyani untuk melakukan diskusi. Namun, keinginan itu urung dilakukan lantaran Sri Mulyani membatalkannya.

"Yang paling berat kecewa kita adalah kita rapat Banggar oke lah, kalau Banggar saya koordinator, kemudian teman-teman ketua Banggar dan lain-lain rapat itu dengan dirjen. Pimpinan MPR rapat dengan menteri keuangan, kita undang dia (Sri Mulyani), sudah atur waktu semuanya, tiba-tiba dia batalin 2 hari kemudian, atur lagi, dia batalin," ucapnya.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo: MUI Tidak akan Dibubarkan!

3. Fadel siap bertanggung jawab terkait pernyataannya yang ingin Menkeu mundur

Protes Anggaran Turun, Pimpinan MPR Desak Jokowi Copot Sri MulyaniMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Fadel mengatakan MPR adalah salah satu lembaga tertinggi di Indonesia. Dia menjelaskan MPR mempunyai tugas penting untuk masyarakat.

"Kita juga punya tugas yang lain di masyarakat tetapi teman-teman semuanya tadi bersepakat meminta saya untuk menyampaikan hal ini dan kami pimpinan MPR bertanggung jawab terhadap pernyataan yang saya sampaikan ini," imbuhnya.

Baca Juga: PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya