Puan Desak Satgas Cari Pasien Positif COVID yang Berkeliaran

Mereka harus segera dikarantina untuk cegah penularan

Jakarta, IDN Times - Kasus COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan penurunan dari hari ke hari. Hal ini terlihat dari semakin berkurangnya daerah di Indonesia yang berstatus PPKM Level 4. Kendati demikian, Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan seluruh pihak tetap waspada dan tidak lengah meski laju penularan COVID-19 telah menurun. 

"Walaupun PPKM terus mengalami tren penurunan status, jangan lengah, jangan kendor, agar tidak terjadi lonjakan kasus lagi," kata Puan dalam keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: 3.830 Orang Positif COVID Keluyuran di Tempat Umum, Terbanyak ke Mal

1. Puan minta satgas segera terjunkan tim cari pasien positif COVID-19 yang berkeliaran

Puan Desak Satgas Cari Pasien Positif COVID yang BerkeliaranWarga yang akan menjalani karantina (IDN Times/ dokumen)

Menurut Puan, banyak warga mulai abai menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, merujuk data Kemenkes, ada 3.830 pasien positif COVID-19 yang berkeliaran di tempat umum yang diketahui dari aplikasi PeduliLindungi.

Dia pun meminta Satgas Penanganan COVID-19 segera bertindak cepat menerjunkan timnya, bila mengetahui ada orang positif COVID-19 berkeliaran di tempat umum. 

Puan menilai aplikasi PeduliLindungi bisa menjadi dasar pelacakan atau tracing. "Pasien-pasien COVID-19 yang berada di tempat umum agar segera dikarantina untuk menghindari penularan, dan dirawat sebaik mungkin hingga mereka sembuh," ucapnya.

2. Puan ingatkan pemerintah hati-hati melakukan relaksasi

Puan Desak Satgas Cari Pasien Positif COVID yang BerkeliaranIlustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Terkait perpanjangan PPKM berlevel, Puan meminta pemerintah untuk mengoptimalkan mitigasi. Sebab, COVID-19 terus bermutasi.

Pemerintah juga diminta untuk terus menggencarkan program testing, tracing, treatment (3T). Mengenai vaksinasi, Puan juga meminta terus ditingkatkan agar tercipta herd immunity.

Dia mengingatkan, daerah-daerah bisa kembali ke level 4 bila vaksinasi tidak dijalankan dengan baik. Untuk pembukaan bioskop atau relaksasi lainnya, Puan ingin pemerintah berhati-hati melakukannya.

"Untuk sektor-sektor tertentu seperti pembukaan bioskop dan tempat wisata di wilayah hijau, harus dilakukan secara hati-hati. Termasuk juga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga perlu ada evaluasi berkala," dia menambahkan.

Baca Juga: PPKM Level 3-2 Gak Bantu Keuangan Hotel

3. Pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 20 September 2021

Puan Desak Satgas Cari Pasien Positif COVID yang BerkeliaranMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM di Jawa dan Bali hingga 20 September 2021. Pembatasan kegiatan masyarakat yang mulai diperketat sejak Juli 2021 dianggap sukses menurunkan kasus COVID-19 di Tanah Air, yang sempat melonjak.

Mengutip data Satgas Penanganan COVID-19, per 14 September 2021, jumlah kasus aktif mengalami penurunan hingga 7.368 kasus. Meskipun, angka kematian harian masih ada 250 jiwa.

Penurunan kasus ini diikuti pelonggaran kebijakan pembatasan bagi masyarakat. Salah satunya, bioskop kini dibolehkan buka di area PPKM Level 3 dan 2. 

"Bioskop boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen di kota-kota di level 3 dan 2," ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, ketika memberikan keterangan pers secara virtual pada Senin (13/9/2021).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya