Comscore Tracker

Relawan Projo Tunggu Komando Jokowi Meski Jo-Man Dukung Ganjar

Projo pastikan relawan Jokowi tak terpecah

Jakarta, IDN Times - Relawan Pro Jokowi (Projo) menyatakan masih menunggu komando Joko "Jokowi" Widodo untuk langkah politik jelang Pilpres 2024.

Hal ini menyusul munculnya relawan Jokowi Mania (Jo-Man) Jawa Timur, mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. 

"Relawan Jokowi tidak pecah. Tapi tetap militan dan solid. Tunggu saja momentum yang tepat. Projo tunggu komando Jokowi soal capres. Yang pasti kami akan dukung yang menjadi kehendaknya rakyat," ujar Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Dukungan Relawan Jokowi ke Ganjar untuk Pilpres 2024 Dinilai Sia-Sia

1. Projo tak masalah bila Jo-Man mengusung Ganjar Pranowo

Relawan Projo Tunggu Komando Jokowi Meski Jo-Man Dukung GanjarKetua Projo Budi Arie Setiadi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Budi menjelaskan Projo masih fokus membantu pemerintah dalam program percepatan vaksinasi COVID-19 nasional. Dia mengatakan menyelamatkan masyarakat Indonesia dari pandemik adalah yang utama saat ini.

Terkait dukungan Jo-Man kepada Ganjar, sambung Budi, merupakan hak tiap warga negara Indonesia. Ia tidak mempermasalahkan dukung tersebut.

"Buat kami tidak masalah jika ada pendukung Jokowi yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres berikutnya. Bagi kami itu adalah aspirasi dan hak politik setiap warga negara Indonesia. Silakan saja dan itu sah- sah saja," ucapnya.

2. Relawan Jo-Man mendeklarasikan dukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024

Relawan Projo Tunggu Komando Jokowi Meski Jo-Man Dukung GanjarKonferensi pers deklarasi relawan Ganjar Pranowo di Surabaya. IDN Times/Fitria Madia.

Sebelumnya, di tengah hangatnya isu duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno, relawan Jo-Man Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo-Erick Tohir untuk Pilpres 2024.

Pengurus Jo-Man, Warto Adi, mengatakan berdasarkan konsolidasi secara nasional dari relawan Jokowi lainnya, mereka sepakat mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai capres pada Pilpres 2024. Menurut mereka, Ganjar cocok menjadi pengganti Jokowi untuk periode berikutnya.

"Pak Ganjar adalah sosok yang pantas dan mumpuni untuk jadi capres melanjutkan perjalanan dan kerja baik Pak Joko Widodo," ujar Warto saat deklarasi di Surabaya, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Sahabat Ganjar Siap Tempur pada Pilpres 2024 di 17 Negara

3. Ganjar disebut 'Next Jokowi'

Relawan Projo Tunggu Komando Jokowi Meski Jo-Man Dukung GanjarInstagram.com/@ganjar_pranowo

Warto menjelaskan sosok Ganjar yang penuh semangat muda dianggap cocok memimpin Republik Indonesia. Gaya kepemimpinan politikus PDIP itu mirip dengan Jokowi, yaitu getol blusukan di tengah masyarakat dan dianggap sesuai meneruskan kinerja Jokowi.

"Pak Ganjar adalah sosok yang merakyat. Mudah-mudahan dengan sosok merakyat ini bisa mengenyangkan rakyat. Sudah saatnya NKRI dipimpin oleh para generasi muda," kata dia.

Para relawan ini mendeklarasikan relawan baru bernama GP Mania Jawa Timur. Tak hanya deklarasi, mereka juga sudah membentuk 25 koordinator daerah (korda) se-Jatim. Setelah deklarasi, para korda kemudian mulai menggalang dukungan untuk Ganjar.

"Ganjar Pranowo, the next Jokowi. Ganjar Pranowo, the next Jokowi," pekik relawan Ganjar.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya