Comscore Tracker

Reses, 7 Anggota DPR Ini Beri Bantuan Sembako hingga Alat Pertanian

Anggota dewan membantu warga terdampak pandemik

Jakarta, IDN Times - DPR RI sedang memasuki masa reses. Sejumlah anggota parlemen pun melakukan kunjungan kerja atau kunker dan memberikan bantuan ke masyarakat sekitar. Khususnya membantu mereka yang terdampak pandemik COVID-19.

Mereka memberikan bantuan beragam mulai bantuan bahan pokok, peralatan pertanian, hingga menyemangati pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di setiap daerah pemilihan (dapil) mereka.

Baca Juga: Hotel untuk Isoman Anggota DPR, PAN: Maksimalkan Rumah Jabatan  

1. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman memberikan bantuan ratusan paket bahan pokok dan vitamin

Reses, 7 Anggota DPR Ini Beri Bantuan Sembako hingga Alat PertanianIlustrasi bantuan sembako di tengah wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Pertama, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra, Habiburokhman memberikan bantuan ratusan paket bahan pokok dan vitamin ke warga di Condet, Jakarta Timur, Kamis, 29 Juli 2021.

Habiburokhman juga mendata warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) dan membantu mengkoordinasikan agar warga yang isoman agar mendapat bantuan pengobatan gratis dari pemerintah. Aksi penyaluran bantuan tersebut didampingi sejumlah kader Gerindra.

"Aksi pemberian bantuan hari ini adalah bentuk kepedulian Gerindra kepada masyarakat yang terpapar dan terdampak COVID-19. Orientasi kami adalah bagaimana meringankan beban rakyat. Selain itu kami juga memompa semangat mereka agar tetap semangat dan pantang menyerah melawan COVID-19," ujar Habiburrahman, dikutip dari halaman resmi Fraksi Gerindra, Jumat (30/7/2021).

2. Fraksi NasDem bantu supplier ayam dan beri beras ke warga

Reses, 7 Anggota DPR Ini Beri Bantuan Sembako hingga Alat PertanianWakil Ketua DPR RI fraksi Partai NasDem, Rachmad Gobel mengunjungi R3 Supplier Ayam Potong, Gorontalo (dok:istimewa)

Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai NasDem, Rachmad Gobel mengunjungi R3 Supplier Ayam Potong, di Jalan Mangga, Perum Asparaga, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (28/7/2021).

Setibanya di sana, anggota Komisi XI DPR RI itu disambut pemilik R3 Supplier Ayam Potong, Chaeril Anwar dan Cici Yunus. Gober pun melihat proses produksi R3 Supplier Ayam Potong ini mulai dari tempat ayam, proses pemotongan hingga pengepakan yang didistribusikan ke beberapa kabupaten di Provinsi Gorontalo.

Gober lalu menanyakan apa yang diperlukan untuk mengembangkan usaha ayam potong tersebut. Salah satu pemilik tempat tersebut, Chairil mengatakan dirinya membutuhkan alat pemanasan ayam.

Gobel pun langsung merealisasikan aspirasi dari Chairil dan langsung memerintahkan kepada salah satu timnya, untuk mengurus permintaan Chairil.

Pada kesempatan berbeda, anggota Komisi II DPR Jacki Uly membagikan beras dua ton ke dapilnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) II. Jacki mengatakan bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat sekitar. Sebab, kata dia, NTT belum lama ini dilanda bencana dan saat ini juga sedang pandemik COVID-19.

"Ditambah lagi saat ini muncul kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Itu semua sudah pasti membawa dampak besar bagi masyarakat. Kita yang masih diberikan berkat oleh Tuhan, tentunya wajib membantu mereka yang tengah mengalami kesulitan sebagai wujud kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama," kata Jacki, dikutip dari halaman resmi Fraksi NasDem, Jumat (30/5/2021).

Jacki lalu menambahkan dirinya akan berupaya terus memberikan bantuan kepada masyarakat. Sebab, masih banyak warga yang membutuhkan bantuan.

3. Anggota DPR Fraksi Golkar borong beras lalu dibagikan ke masyarakat kurang mampu

Reses, 7 Anggota DPR Ini Beri Bantuan Sembako hingga Alat PertanianAnggota DPR fraksi Golkar Arsyadjuliandi Rachman memborong beras hasil panen padi para petani di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau (dok:istimewa)

Anggota DPR Fraksi Golkar Arsyadjuliandi Rachman memborong beras hasil panen padi para petani di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Dia memborong beras hingga 3 ton.

Dia mengatakan aksi memborong beras itu merupakan bentuk membantu petani agar mendapat keuntungan lebih saat panen tiba di masa pandemi ini.

"Saya berharap langkah ini bisa diikuti oleh berbagai stakeholder lainnya. Mulai dari perusahaan atau anggota legislatif yang ingin berbagi dengan konstituennya. Beli produk lokal di Riau langsung ke petaninya,” ujar Andi Rachman, sapaan akrab Arsyadjuliandi, dikutip dari halaman resmi Fraksi Golkar, Jumat (30/7/2021).

Usai memborong beras itu, bahan kebutuhan pokok ini akan dibagikan kepada warga yang terdampak pandemik COVID-19.

Di lain tempat, Anggota Komisi XI DPR Agun Gunandjar Sudarsa, mengunjungi perajin batik Gendhis Batik yang berada di Kawasan Hegarsari, Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Jumat (23/7/2021). Agun datang meninjau karya leluhur bangsa yang kini diwarisi generasi muda dengan pengembangan kreativitas para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM).

Agun pun memberikan support kepada pelaku UMKM Casper Van Houtten selaku owner Gendhis Batik, Heri agar tidak berhenti berkarya di tengah pandemik COVID-19 ini.

"Kota Banjar memiliki batik khas tersendiri dan pada kondisi pandemik seperti ini, hanya pelaku UMKM yang mampu bertahan dan semoga itu tidak menyurutkan semangat pelaku UMKM untuk terus berinovasi agar selalu eksis dalam pengembangan usaha batiknya," kata Agun.

Dia berharap pengembangan batik khas Kota Banjar dapat melestarikan warisan budaya bangsa. Agun pun meminta agar para pelaku UMKM tetap semangat dalam menjalankan usahanya.

Dalam kesempatan ini juga, Agun membagikan bantuan paket sembako kepada 50 pelaku UMKM. Bantuan ini diserahkan melalui Dinas KUKMP Kota Banjar.

Baca Juga: Ramai-ramai Anggota DPR Tolak Fasilitas Isoman Hotel Usai Tuai Protes

4. Politikus PKS berikan alat pertanian ke petani

Reses, 7 Anggota DPR Ini Beri Bantuan Sembako hingga Alat PertanianAnggota DPR RI fraksi PKS Hermanto melakukan kunker ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis, 29/7/2021 (dok:istimewa)

Anggota DPR RI Fraksi PKS Hermanto melakukan kunker ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (29/7/2021). Dia menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) bantuan pemerintah kepada petani di lokasi tersebut. Dua hari yang lalu, lanjutnya, alsintan juga diserahkan kepada petani di Kota Sawahlunto.

"Alsintan ini aset negara yang diserahkan pengelolaannya kepada kelompok tani. Kelola amanah negara ini dengan sebaik-baiknya," kata Hermanto, dikutip di halaman resmi PKS, Jumat.

Hermanto ingin agar para petani menjaga alat ini dengan baik. Dia tidak ingin alat yang diberikannya ini cepat rusak karena kurang dirawat.

"Kalau ada kerusakan langsung diperbaiki. Kalau ada suku cadangnya yang rusak, langsung diganti. Jangan tunggu sampai rusak parah," tambahnya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya