Surya Paloh: NasDem Ingin Jokowi Presiden Lagi Bila Konstitusi Izinkan

Surya Paloh sebut NasDem sahabat Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, ingin Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali menjadi calon presiden atau capres pada Pilpres 2024, jika konstitusi mengizinkan.

"Kalau saja konstitusi kita tidak membatasi masa jabatan presiden itu hanya dua kali, saya tidak perlu lagi menjawab pertanyaan para kader partai ini, siapa calon presiden kita ke depan sesudah Jokowi," kata Surya saat memberi sambutan acara HUT ke-10 Partai NasDem Satu Dekade di Jalan Restorasi, yang disiarkan di YouTube NasDem TV, Kamis (11/11/2021).

"Siapa? Karena pasti iramanya, tone-nya sama dari atas sampai bawah, dari pimpinan sampai kader paling terendah. Jawabannya satu, ya pasti Jokowi kembali," sambung dia.

Namun, Surya mengakui Jokowi tak bisa lagi menjabat sebagai presiden. Jokowi pun, sambungnya, juga menghargai konsitusi.

"Tapi kita punya komitmen yang sama. Presiden Jokowi juga mempunyai moralitas komitmen yang sama, untuk menghargai konstitusi (dengan tidak lagi menjabat sebagai presiden). Untuk menjaga konstitusi," kata dia.

Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet, NasDem: Ada Kebutuhan Itu

1. Surya Paloh ungkap NasDem adalah sahabat pribadi Jokowi

Surya Paloh: NasDem Ingin Jokowi Presiden Lagi Bila Konstitusi Izinkan(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Partai NasDem genap berusia 10 tahun. Surya pun memuji Jokowi. Dia mengatakan partainya tidak salah langkah untuk mendukung Jokowi tanpa syarat.

"Maka NasDem adalah sahabat bagi pribadinya seorang Jokowi. Arti seorang sahabat berulang kali saya katakan, adalah bisa menerima segala kelebihan dan segala kekurangan yang ada," ucapnya.

2. NasDem siap jadi tempat curhat Jokowi

Surya Paloh: NasDem Ingin Jokowi Presiden Lagi Bila Konstitusi IzinkanPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Surya juga mengatakan keberhasilan Indonesia lebih penting ketimbang keberhasilan NasDem. Agar Indonesia bisa semakin maju dan pemimpin berikutnya bisa melanjutkan pembangunan era Jokowi, dia menyebut partainya siap menjadi tempat 'curhat' mantan gubernur DKI Jakarta ini.

"Maka kepada Presiden Jokowi, kami nyatakan kesiapan kami untuk tetap apabila diperlukan, apabila diperlukan untuk duduk berbicara, saling bertukar pikiran, mencari calon-calon pemimpin bangsa yang terbaik pada anak-anak bangsa yang terbaik," ucapnya.

Baca Juga: Anggota Fraksi NasDem Minta Jadwal Pemilu 2024 Segera Diputuskan

3. Surya Paloh sebut NasDem tetap berkomitmen memajukan Indonesia

Surya Paloh: NasDem Ingin Jokowi Presiden Lagi Bila Konstitusi IzinkanKetua Umum NasDem, Surya Paloh saat memberi sambutan di HUT ke-10 Partai NasDem Satu Dekade di Jalan Restorasi pada Kamis (11/11/2021). (youtube.com/NasDem TV)

Lebih lanjut, Surya menjelaskan, NasDem mempunyai dua tugas pokok. Pertama, kata dia, mengawal pemerintahan Jokowi sampai akhir masa jabatannya. Kedua, mempersiapkan proses kesinambungan kepemimpinan mendatang untuk Pilpres 2024.

Pada usia NasDem yang memasuki 10 tahun ini, Surya ingin agar seluruh kader bisa terus bekerja memajukan Indonesia. Sebab dia mengakui usia partainya masih relatif muda untuk sebuah partai politik.

"Bagi NasDem kita telah memetik pelajaran yang berharga. Satu proses learning by doing dari kesalahan, kehilafan, kebodohan yang pernah kita alami bersama. Kita tetap meneguhkan komitmen kita untuk tetap konsisten membawa gerakan perubahan untuk merestorasi Indonesia," imbuh Surya Paloh.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya