Susi Pudjiastuti 'Sindir' Puan yang Hujan-hujanan Tanam Padi

Puan bicara bahasa Jawa dengan petani

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, Puan ikut menanam padi bersama petani.

Puan mendatangi area persawahan Sendangmulyo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (11/10/2021). Meski hujan deras mengguyur, Puan ikut turun ke sawah untuk menanam padi bersama sejumlah petani perempuan di tengah lahan seluas 6 hektare.

Selama menanam bibit padi, Ketua DPR itu mengenakan caping dan sepatu khas petani.

Baca Juga: Puan Maharani dan Trenggono Tebar Harapan ke Nelayan Banyuwangi

1. Puan berdialog dengan para petani memakai bahasa Jawa

Susi Pudjiastuti 'Sindir' Puan yang Hujan-hujanan Tanam PadiKetua DPR Puan Maharani menanam padi hujan-hujanan di Yogyakarta (dok: istimewa)

Puan pun berdialog bersama petani menggunakan bahasa Jawa. 

"Piro nek panen (berapa banyak kalau panen?), dijual neng endi (dijual ke mana)?" tanya Puan kepada para petani, dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

Selain menjawab pertanyaan Puan, para petani juga mengutarakan sejumlah kendala, seperti pupuk dan jalur distribusi ketika panen. 

Puan juga berbincang dengan kelompok tani dan petani milenial di pematang sawah. Didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Puan menyerap berbagai aspirasi petani sambil memakan kacang dan ubi rebus.

"Kali ini saya hadir dengan fokus menanam padi, biarkan rakyat nanti yang memanen. Selama ini orang banyak fokus pada panennya. Padahal proses sebelum bisa panen itu panjang dan dimulai dengan kita menanam," ucap Puan.

2. Petani cerita keluhannya ke Puan

Susi Pudjiastuti 'Sindir' Puan yang Hujan-hujanan Tanam PadiKetua DPR Puan Maharani menanam padi hujan-hujanan di Yogyakarta (dok: istimewa)

Seorang petani bernama Tusiran mengeluh ke Puan terkait harga gabah yang rendah hingga jalur distribusi yang membuat pupuk subsidi sering telat. Dia juga mengeluhkan soal harga pupuk yang tinggi. 

"Mudah-mudahan dengan Bu Puan datang ke sini, dapat memberi semangat petani-petani di Sendangmulyo. Karena kebanyakan petani sekarang yang tua-tua. Semoga dengan ibu datang, ada petani dari generasi muda yang akan menjadi penerus kami," ucap Tusiran.

Lebih lanjut, Tusiran ingin agar pemerintah memperhatikan para petani. Selain itu, dia ingin agar jalan tani diperbaiki. Sebab bila hujan, jalur akan rusak dan kendaraan akan sulit melintas. 

Baca Juga: Puan Banjir Sindiran hingga Kronologi Bisnis PCR Luhut

3. Susi Pudjiastuti sindir Puan

Susi Pudjiastuti 'Sindir' Puan yang Hujan-hujanan Tanam PadiEks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Aksi Puan hujan-hujanan sambil menanam padi ini mendapat reaksi nitizen, termasuk eks Menteri KKP, Susi Pudjiastuti. Susi 'menyindir' aksi Puan.

"Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan 🙏," tulis Susi di akun Twitter-nya @susipudjiastuti, Jumat (12/11/2021).

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya