Comscore Tracker

Tak Setuju Halaman DPR Disulap Jadi RS COVID, Pimpinan MPR Usulkan GBK

Jazilul menilai GBK lebih cocok jadi RS COVID-19

Jakarta, IDN Times - Halaman gedung DPR/MPR diusulkan menjadi rumah sakit (RS) darurat COVID-19. Namun, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menganggap usulan itu kurang tepat.

"Silakan saja, namun usulan tersebut kurang tepat sebab gedung DPR itu perkantoran. Masih ada yang bekerja, dan fasilitasnya kurang layak dan memadai," ujar Jazilul saat dihubungi, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Dokter Tirta Usul Halaman Parlemen Jadi RS COVID, Ini Kata Sekjen DPR

1. Jazilul usul GBK dijadikan RS COVID-19

Tak Setuju Halaman DPR Disulap Jadi RS COVID, Pimpinan MPR Usulkan GBKStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Dia mengatakan, hotel-hotel bisa dijadikan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Selain itu, Jazilul mengatakan, Glora Bung Karno (GBK) juga lebih dimungkinkan untuk menjadi RS darurat COVID-19 ketimbang wilayah gedung parlemen DPR/MPR.

"Hemat kami lebih cocok kalau Gelora Bung Karno saja yang disulap jadi RS darurat COVID. Selain lahannya lebih luas, lebih steril juga dari lalu lintas orang bekerja," ucapnya.

2. Usulan halaman DPR jadi RS COVID datang dari dokter Tirta

Tak Setuju Halaman DPR Disulap Jadi RS COVID, Pimpinan MPR Usulkan GBKIDN Times/Kevin Handoko

Aktivis kesehatan, dr Tirta Mandira Hudhi, sebelumnya mengusulkan agar halaman DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat COVID-19. Usulan disampaikan dr Tirta melalui akun Twitter-nya, @tirta_hudhi.

"Saya usul halaman gedung parlemen jadikan RS darurat buat cover RSDC Wisma Atlet. Halaman luas. Bisa liat air mancur buat pemandangan. Dan cocok sesuai narasi 'perwakilan rakyat'," tulis dr Tirta di akun Twitter-nya.

Banyak nitizen mengomentari dan setuju dengan cuitan dr Tirta. Sebelumnya, seorang anggota DPR yang juga Wakil Sekjen PAN Rosaline Irene Rumaseuw, mengusulkan agar ada RS COVID-19 khusus untuk pejabat.

Baca Juga: Heboh Usul Halaman DPR Jadi RS COVID-19 hingga Potret TPU Rorotan

3. Sekjen DPR setuju usul dokter Tirta

Tak Setuju Halaman DPR Disulap Jadi RS COVID, Pimpinan MPR Usulkan GBKIDN Times/Marisa Safitri

Dikonfirmasi, Sekjen DPR Indra Iskandar setuju dengan usulan dokter Tirta. Dia mengatakan, pengubahan halaman gedung DPR menjadi RS darurat COVID-19 merupakan bentuk kemanusiaan.

"Prinsipnya kami akan membantu karena ini kepedulian bersama atas masalah kemanusiaan. (Namun) Tentu yang aman di halaman (DPR), karena kan juga ada prasyarat limbah infeksius yang tidak mudah jika dalam gedung yang tidak dirancang untuk RS," ucap Indra saat dihubungi, Jumat (9/7/20210).

Baca Juga: Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya