Terbang ke Amerika Serikat, AHY: SBY Akan Menjalani Operasi

AHY ungkap kondisi SBY stabil

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tengah menjalani perawatan di Amerika Serikat untuk mengobati penyakit kanker prostatnya. Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pun menyusul ke AS untuk menemani ayahnya.

"Keberadaan saya di Rochester ini adalah dalam rangka mendampingi ayah saya, Bapak SBY, yang tengah menjalani pengobatan atas kondisi kesehatannya," ujar AHY saat konferensi pers secara virtual di Kantor DPP Partai Demokrat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat, AHY Minta Doa Agar Disembuhkan 

1. AHY sebut SBY akan menjalani operasi

Terbang ke Amerika Serikat, AHY: SBY Akan Menjalani OperasiKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam video konpers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

AHY menyebut SBY disarankan tim dokter kepresidenan untuk menjalani pengobatan di Mayo Clinic. Kendati, kondisi SBY kini stabil.

"Selasa pagi, 9 November 2021 waktu setempat, saya berkesempatan mendampingi Bapak SBY, untuk melakukan sejumlah pemeriksaan kesehatan awal, sebelum dilaksanakannya tindakan operasi," ucap dia.

Namun AHY tidak mengungkapkan kapan SBY akan menjalani operasi. Dia juga tidak dapat memastikan kapan dirinya akan kembali ke Indonesia.

"Di tengah kegiatan mendampingi Pak SBY tersebut, saya tetap memimpin jalannya organisasi Partai Demokrat. Bahkan, sehari setelah mendarat di Amerika, saya langsung memimpin pelaksanaan beberapa musyawarah daerah, maupun fit and proper test para calon ketua DPD Partai Demokrat," ujarnya.

Diketahui, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan judicial review yang dilayangkan kubu Moeldoko melalui pengacara Yusril Ihza Mahendra, Selasa (9/11/2021). AHY pun meminta maaf karena tidak bisa hadir secara fisik untuk memberi keterangan pers.

2. Ibas temani SBY di AS, kinerja Demokrat di DPR dipastikan berjalan normal

Terbang ke Amerika Serikat, AHY: SBY Akan Menjalani OperasiAnggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan di Gedung DPR/MPR Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, SBY ke Amerika Serikat untuk mengobati penyakit kanker prostatnya ditemani Ketua Fraksi Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat, Syarief Hasan, memastikan kinerja fraksi Demokrat di DPR tidak terganggu meski Ibas ke Amerika Serikat.

"Iya, (Ibas menemani SBY). Oh tidak tidak ada halangan apapun, lancar saja (kinerja Fraksi Demokrat di DPR), karena dilakukan oleh wakil ketua fraksi dan sekretaris fraksi ada," kata Syarief di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021).

"Kemudian DPP juga selalu berikan guidance dan supervisi, tak masalah. Yang di sini (DPR) kan waketum banyak, ada Pak Benny Harman, ada Vera Febyanthy, saya juga di majelis tinggi, jadi kita bisa bekerja sama atau kita tetap kerja sama untuk lakukan tugas-tugas, gak ada masalah," dia menambahkan.

Syarief menerangkan Ibas tidak menemani SBY selama 1,5 bulan. Nantinya, Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan menggantikan Ibas untuk menemani SBY. Dia mengatakan AHY saat ini sibuk mengurus partai.

"Tentunya banyak yang akan berangkat, bergiliran lah ya, tergantung tugasnya. Banyak nih orang-orang DPP yang mau (menemani SBY) kebetulan tidak anggota DPR, bisa berangkat ke sana secara bergiliran," ucapnya.

Lebih lanjut, Syarief mengatakan, SBY dalam kondisi baik-baik saja di Amerika Serikat. "Belum, masih proses pengecekan, masih general check up, tapi beliau baik baik saja," katanya.

Baca Juga: Alasan SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di Amerika Serikat

3. Muncul hoaks AHY liburan di Amerika Serikat saat temani SBY

Terbang ke Amerika Serikat, AHY: SBY Akan Menjalani OperasiIDN Times/Sukma Shakti

Diketahui, AHY disebut liburan bersama keluarganya ketika menemani sang ayah, SBY, berobat di Amerika Serikat. Demokrat memastikan kabar yang viral di media sosial hoaks.

"Itu jelas hoax, foto lama banget, lebih dari tiga tahun lalu, karena Aira masih kecil banget. Sekarang kan Aira sudah beda tipis tingginya dengan Mbak Annisa," ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Sabtu (6/11/2021).

Herzaky menyayangkan sikap warganet yang merupakan warga Indonesia, tapi malah menyebar fitnah pada keluarga SBY yang merupakan Presiden keenam Republik Indonesia. Padahal saat ini SBY tengah berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya.

"Sangat tidak punya empati dan tidak punya moral," ujarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya