Comscore Tracker

Top! Keponakan Prabowo, Budisatrio Tak Malu Akui Masih Belajar RUU Ini

Budisatrio merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR

Jakarta, IDN Times - Beberapa waktu lalu, politikus Partai Gerindra G. Budisatrio Djiwandono, viral di media sosial TikTok. Budisatrio merupakan keponakan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Budisatrio saat ini duduk sebagai anggota DPR di Senayan, mewakili daerah pemilihan Kalimantan Timur. Tak main-main, di DPR Budi menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV yang membidangi masalah pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Seperti apa kesehariannya?

Baca Juga: Mengenal Budisatrio, Keponakan Menhan Prabowo yang Viral

1. Budisatrio sebut RUU Konservasi sangat dekat dengan hatinya

Top! Keponakan Prabowo, Budisatrio Tak Malu Akui Masih Belajar RUU IniBudisatrio Djiwandono (instagram.com/budidjiwandono)

Dilihat di Instagram-nya, @budidjiwandono, politikus Gerindra ini memposting kegiatannya saat melakukan rapat di DPR. Terbaru, Budisatrio memposting saat dia berbicara mengenai RUU Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem.

Dalam caption-nya, Budi mengatakan, menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem sama dengan menjaga kedaulatan negara.

Paradigma baru dalam menjalankan konservasi, lanjutnya, bertumpu pada nilai-nilai perlindungan, rehabilitasi, pemanfaatan yang berkelanjutan, partisipasi masyarakat khususnya masyarakat adat, dan kolaborasi yang erat. Dia tidak ingin potensi dan manfaat dari keanekaragaman hayati Indonesia lebih dinikmati oleh bangsa lain.

Menurutnya, area konservasi harus ditambah dan diperluas, dan bila sudah ditetapkan menjadi area konservasi, tidak boleh diubah fungsinya.

"Tapi panja RUU Konservasi ini adalah sebuah panja yang sangat berarti, sangat dekat dengan hati saya pribadi, dan para anggota panja yang hadir sampai siang hari ini," ucap Budisatrio dalam video di Instagram-nya, yang dikutip Senin (20/9/2021).

2. Budisatrio akui masih mempelajari RUU Landas Kontinen

Top! Keponakan Prabowo, Budisatrio Tak Malu Akui Masih Belajar RUU IniBudisatrio Djiwandono (instagram.com/budidjiwandono)

Budisatrio juga memposting aktivitasnya saat rapat mengenai RUU Landas Kontinen. Dia menjelaskan, laut Indonesia luas dan bisa dieksplorasi serta dieksploitasi.

Keponakan Prabowo ini mengatakan, pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam di wilayah landas kontinen Indonesia harus dijalankan dengan prinsip dan upaya untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem laut Indonesia.

Meski begitu, Budisatrio tak malu mengakui bahwa dirinya masih perlu belajar banyak tentang RUU Landas Kontinen ini.

"Jujur saya masih banyak belajar dan menelusuri inti permasalahan dalam pembentukan RUU Landas Kontinen ini, dan apa yang saya pahami memang ruang lingkupnya akan menjadi sangat luas dan sangat strategis untuk kedaulatan NKRI ke depan," kata Budi.

Baca Juga: 10 Potret Budisatrio Djiwandono, Keponakan Menhan Prabowo

3. Budisatrio bahas anggaran KLHK

Top! Keponakan Prabowo, Budisatrio Tak Malu Akui Masih Belajar RUU IniBudisatrio Djiwandono (instagram.com/budidjiwandono)

Politikus Gerindra ini juga memposting saat melakukan rapat kerja dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dalam caption-nya, Budisatrio mengatakan rapat kerja ini membahas evaluasi penggunaan anggaran tahun 2021 dan pagu indikatif tahun anggaran 2022.

"Saya mendukung penuh usulan tambahan anggaran bagi KLHK sebesar Rp5,9 triliun untuk TA (tahun anggaran) 2022," ucap Budisatrio.

Dia lalu menerangkan alokasi anggaran KLHK tahun 2022 diperuntukkan untuk kegiatan konservasi sumber daya alam dan ekosistem, mitigasi perubahan iklim, pengelolaan sampah dan limbah termasuk limbah medis.

Lalu untuk perbaikan kualitas lingkungan hidup, pencegahan kebakaran hutan, peningkatan kesejahteraan dan kapasitas masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan, serta rehabilitasi daerah aliran sungai, lahan gambut dan kawasan hutan mangrove.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya