Total 511 Orang di Lingkungan DPR Positif COVID-19, Ada Anggota Dewan

Ada 165 orang di lingkungan DPR masih dirawat atau isolasi

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar, mengungkapkan total ada 511 orang di lingkungan gedung parlemen yang positif COVID-19. Dari jumlah itu, sebanyak 346 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Semuanya jumlahnya sih 511 (orang di lingkungan DPR). Yang sudah negatif 346 (orang), yang masih positif 165 (orang)," kata Indra kepada wartawan, Selasa (21/7/2021).

1. Orang yang positif itu adalah pekerja di berbagai bidang

Total 511 Orang di Lingkungan DPR Positif COVID-19, Ada Anggota DewanIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dia menjelaskan sebanyak 165 orang yang masih positif COVID-19 itu merupakan orang-orang yang bekerja di lingkungan DPR. Misalnya anggota DPR, staf, tenaga ahli, petugas kebersihan, hingga petugas pengamanan dalam (Pamdal).

Indra mengatakan ada 29 anggota DPR yang terinfeksi COVID-19. Dari 29 orang tersebut, dia menerangkan, sebanyak 24 orang di antaranya telah dinyatakan negatif.

"Di data kami, mereka-mereka yang melakukan tes di lab-lab di DPR loh, kalau yang di luar kita gak monitor," ucapnya.

Baca Juga: RI Disebut Episentrum COVID-19, Wakil Ketua MPR: Bukan dari WHO

2. DPR melakukan pembatasan kegiatan

Total 511 Orang di Lingkungan DPR Positif COVID-19, Ada Anggota DewanGedung DPR (IDN Times/Kevin Handoko)

Indra melanjutkan ada pembatasan kehadiran yang bekerja di gedung DPR dengan sebangian work from home (WFH). Sementara untuk kunjungan kerja, juga dilakukan mekanisme berbeda untuk mencegah penularan COVID-19.

"Berkaitan dengan kegiatan dengan konstituen, pertanggungjawabannya bisa dengan foto, tidak perlu menyerahkan bantuan secara langsung. Tapi dengan tenaga ahlinya disampaikan dengan cara tidak langsung oleh anggota. Pertanggungjawabannya bisa melalui foto atau video untuk kegiatan di kunjungan dapil selama reses," kata dia.

Dia mengatakan kompleks parlemen disterilisasi secara rutin. Baik ruang kerja, ruang rapat, dan paripurna disterilkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

3. Sidang tahunan digelar sederhana

Total 511 Orang di Lingkungan DPR Positif COVID-19, Ada Anggota DewanIlustrasi/Suasana dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Masih kata Indra, dia mengatakan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 dimungkinkan digelar secara sederhana. Namun, dia belum membeberkan teknis pelaksanaannya.

"Sidang tahunan ini akan sangat minimalis dan akan sangat sederhana, tata caranya, semuanya. Tapi, ini akan diputuskan Rabu atau Kamis besok secara teknisnya. Jadi ada kemungkinan yang menghadiri hanya level pimpinan, semua anggota DPR, DPD itu kemungkinan besar hanya melalui virtual," ujarnya.

Baca Juga: Tok! DPR Sahkan Revisi UU Otonomi Khusus Papua Jadi UU

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya