Comscore Tracker

Tuntut Jokowi, Massa BEM SI yang Demo di Patung Kuda Berkerumun!

Massa mahasiswa dari berbagai universitas

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan unjuk rasa di sekitar Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jakarta Pusat (Jakpus) untuk menuntut pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Massa terpantau tak menjaga jarak.

Massa BEM SI melakukan unjuk rasa di Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus. Massa berkumpul untuk mendengarkan orasi orator dari atas mobil komando.

Massa berkerumun. Banyak dari mereka yang tidak menjaga jarak. Sebagian massa memakai masker. Tapi ada juga mahasiswa yang tidak memakai masker dengan benar.

Polisi, Satpol PP, dan TNI masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Tak ada petugas yang meminta massa untuk menjaga jarak.

Baca Juga: BEM SI Demo di Istana, Tuntut 12 Hal Ini ke Jokowi

1. Penjelasan BEM SI soal mahasiswa yang tak taat prokes COVID

Tuntut Jokowi, Massa BEM SI yang Demo di Patung Kuda Berkerumun!Massa aksi BEM SI melakukan unjuk rasa di Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Korlap aksi, Alvian, tak menampik ada massa yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Namun dia memastikan imbauan sudah dilakukan agar para mahasiswa ini memakai masker dan menjaga jarak.

"Ya memang keadaan lapangan yang begitu dinamis. Tapi kami pastikan bahwa kami komitmen untuk menjaga protokol kesehatan yang sudah diterapkan. Kami mengimbau seluruh peserta aksi untuk memakai masker, kami juga mengimbau yang sakit untuk tidak berangkat terlebih dahulu," ujar Alvian.

2. Mahasiswa berasal dari berbagai daerah

Tuntut Jokowi, Massa BEM SI yang Demo di Patung Kuda Berkerumun!Korlap Aksi BEM SI, Alvian, Mahasiswa UNJ, melakukan unjuk rasa di Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Alvian menambahkan, para mahasiswa yang ikut aksi pada hari ini berasal dari berbagai universitas, antara lain dari Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Negeri Surakarta, UNJ, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, dan masih banyak lagi.

Dia mengatakan, para mahasiswa diajak demo sejak jauh hari. Ajakan untuk berunjuk rasa ini dilakukan baik secara langsung oleh korlap masing-masing universitas dan seruan dari media sosial.

"Kami memang ada beberapa kali konsolidasi nasional. Itu agendanya ada offline, ada juga online. Jadi kita mengajak dulu bagi siapa yang mau bergabung silahkan konsolidasi, sehingga menghasilkan keputusan kita turun hari ini," imbuhnya.

Baca Juga: Demo di Patung Kuda, BEM SI Minta Jokowi Mundur dari Jabatannya

3. Aksi masih dilakukan

Tuntut Jokowi, Massa BEM SI yang Demo di Patung Kuda Berkerumun!Massa aksi BEM SI bergerak ke arah Kawat, Jalan Medan Merdeka Barat pada Kamis (21/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Terpantau pukul 15.11 WIB, massa masih bertahan. Polisi, TNI, dan Satpol PP masih melakukan penjagaan. Pagar kawat besi berduri di Jl Medan Merdeka Barat masih terpasang.

Belum diketahui sampai kapan unjuk rasa ini dilakukan.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya