Comscore Tracker

Wakil Ketum PKB: Kami Tak Yakin Prabowo Nyapres Lagi di Pilpres 2024

Tak ada batasan usia bagi calon presiden

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengucapkan selamat ulang tahun kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang kini menginjak usia 70 tahun.

"Selamat ulang tahun yang ke-70 kepada Pak Prabowo, panjang umur, sehat selalu," ujar Jazilul, Selasa (19/10/2021).

Diketahui, Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu disebut-sebut akan mencalonkan diri sebagai capres pada Pilpres 2024. Bagaimana pendapat Jazilul soal pencalonan Prabowo?

Baca Juga: Prabowo Ultah ke-70, Ucapan Selamat dan Doa Mengalir di Medsos  

1. Jazilul tak yakin Prabowo maju lagi sebagai capres pada Pilpres 2024

Wakil Ketum PKB: Kami Tak Yakin Prabowo Nyapres Lagi di Pilpres 2024IDN Times / Irfan Fathurohman

Jazilul mengatakan tidak ada batasan umur seorang calon presiden (capres). Baik yang tua maupun muda, dapat maju sebagai capres bila dicalonkan partai politik Namun, dia memperkirakan Prabowo tak akan maju lagi sebagai capres.

"Konstitusi tidak membatasi umur capres, silakan Pak Prabowo maju lagi (pada Pilpres) 2024. Bukan soal terlalu tua atau muda, selama niatnya untuk kemajuan bersama. Namun, kami tidak terlalu yakin Pak Prabowo maju nyapres lagi. Secara alamiah, makin tua makin bijaksana meskipun tenaga berkurang," kata dia.

2. PPP ingin umur capres-cawapres tidak dipersoalkan

Wakil Ketum PKB: Kami Tak Yakin Prabowo Nyapres Lagi di Pilpres 2024Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani (IDN Times/Sachril Agustin)

Senada dengan PKB, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani juga sebelumnya mengatakan kelayakan seorang capres tidak dilihat berdasarkan umurnya.

"Kelayakan capres atau cawapres itu tidak dilihat dari umurnya. Sepanjang syarat minimal umur telah terpenuhi, maka seyogianya tidak perlu kita persoalkan," ujar Arsul saat dihubungi, Minggu (17/10/2021) malam.

Baca Juga: Prabowo Bakal Maju Capres Lagi, Pengamat: Bagusnya Jadi King Maker 

3. Arsul Sani sebut banyak pejabat di luar negeri yang sudah tua

Wakil Ketum PKB: Kami Tak Yakin Prabowo Nyapres Lagi di Pilpres 2024Presiden Amerika Serikat Joe Biden di East Las Vegas Community Center di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Arsul mengatakan seorang capres yang terpenting harus sehat secara jasmani dan rohani. Usia, kata dia, tidak perlu dipermasalahkan bila hasil pemeriksaan kesehatan capres atau cawapres tersebut baik.

"Apalagi banyak kepala negara atau pemerintahan lain justru terpilih di umur yang sudah tua. Tengok lah Joe Biden (Presiden Amerika Serikat), Mahathir (mantan Perdana Menteri Malaysia), kemudian mereka yang menjadi PM Jepang," kata Wakil Ketua MPR ini mencontohkan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya