Comscore Tracker

Bikin Geger! Paus Raksasa Terdampar di Pantai Mamuju Sulawesi Barat

Paus berukuran 9,5 meter itu ditemukan warga yang mau melaut

Makassar, IDN Times - Seekor paus raksasa ditemukan terdampar di tepi Pantai Babalalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (2/1). Warga Desa Beru-beru, Kecamatan Kalukku pun gempar.

Kapolsek Kalukku AKP Abdul Azis mengatakan, paus tersebut ditemukan dalam kondisi mati oleh warga yang hendak melaut sekitar pukul 06.00 WITA.

"Ikan tersebut berukuran 9,5 meter ditemukan tergeletak dalam keadaan mati di bibir Pantai Babalalang," kata Abdul Azis saat dikonfirmasi.

1. Paus raksasa yang terdampar ditemukan saat warga hendak melaut

Bikin Geger! Paus Raksasa Terdampar di Pantai Mamuju Sulawesi BaratPaus terdampar di bibir Pantai Babalalang, Mamuju, Sulbar, Kamis (2/1) / Istimewa

Paus raksasa berwarna hitam itu menurut Kapolsek ditemukan pertama kali oleh warga sekitar bernama Saharuddin. Pria 42 tahun tersebut rencananya mengambil perahu yang dilabuhkan di pinggir pantai untuk digunakan kembali melaut.

Tidak berselang lama setelah ditemukan, Saharuddin bersama warga sekitar kemudian langsung melaporkan ke ketua RT dan kepala desa hingga dikoordinasikan ke Polsek setempat.

"Setelah dapat laporan kita langsung datang ke tempat kejadian dan koordinasi juga dengan pihak terkait," kata Abdul Azis.

Baca Juga: Heboh Oarfish Muncul di Kepulauan Selayar, Tanda Gempa dan Tsunami?

2. Penyebab paus raksasa terdampar belum diketahui

Bikin Geger! Paus Raksasa Terdampar di Pantai Mamuju Sulawesi BaratPaus terdampar di bibir Pantai Babalalang, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (2/1) / Istimewa

Saat ditemukan, mulut paus tersebut dalam keadaan menganga. Di tubuhnya, terdapat totol-totol besar. Petugas belum dapat memastikan penyebab pasti mamalia raksasa itu terdampar di lingkungan warga.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Beru-beru Asnawawi mengatakan, jajarannya berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi terkait, sementara merampungkan laporan terkait temuan paus tersebut.

"Sementara teman-teman kita masih di lapangan untuk cek langsung. Penyebabnya (paus terdampar) juga kita belum tahu," imbuh Asnawawi.

3. Paus jadi tontotan warga setempat dan viral di medsos

Bikin Geger! Paus Raksasa Terdampar di Pantai Mamuju Sulawesi BaratFacebook / Maswy Awi

Sejak ditemukan, warga kemudian ramai-ramai mendatangi lokasi temuan paus di bibir Pantai Babalalang. Tidak sedikit dari warga sekitar yang mengabadikan gambar-gambar melalui foto dan rekaman video temuan paus.

Peristiwa paus terdampar di Mamuju itu bahkan lalu langsung viral dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Aparatur pemerintahan setempat, kepolisian dan instansi terkait dikabarkan bakal mengevakuasi paus tersebut dari bibir pantai.

Baca Juga: Begini Cerita Nelayan Penemu Oarfish Pertanda Gempa dan Tsunami

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya