Comscore Tracker

Jemaah An Nadzir Gowa Puasa Ramadan Mulai Besok

Jemaah An Nadzir sudah pantau hilal Ramadan dua pekan lalu

Makassar, IDN Times - Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan mulai besok, Minggu (11/4/2021). Keputusan awal Ramadan bagi jemaah yang bermukim di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, itu ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah internal An Nadzir pada Sabtu (10/4/2021). 

"Alhamdulillah kita sudah mengambil suatu kesimpulan, suatu ketetapan InsyaAllah, besok hari Ahad, An Nadzir mulai puasa dengan niat menyambut datangnya Ramadan 1442 Hijriah," ujar pimpinan jemaah An Nadzir, Samiruddin Pademmui usai rapat. 

1. Pemantauan awal Ramadan sudah dilakukan sejak dua pekan lalu

Jemaah An Nadzir Gowa Puasa Ramadan Mulai Besok(Jemaah An Nadzir) ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Keputusan awal Ramadan, menurut Samiruddin,  ditetapkan setelah Tim 9 merampungkan semua hasil pemantauan dan mengaji tanda-tanda alam. Tim 9 sendiri merupakan tim internal An Nadzir yang ditugaskan memantau tanda alam, seperti pergantian bulan dan pasang surut air laut. 

Tim 9 sudah melaksanakan pemantauan sejak dua kali Jumat yang lalu. Pemantauan juga disebut merujuk dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

"Bahwa untuk mengetahui bulan Syaban itu, pantau dari bulan Rajab. Untuk mengetahui Ramadan itu, pantau dari bulan Syaban," ujar dia.

Baca Juga: Catat! Ini Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 2021

2. Perdebatan mengenai awal Ramadan di tengah jemaah An Nadzir sempat terjadi

Jemaah An Nadzir Gowa Puasa Ramadan Mulai BesokMusyawarah jemaah An Nadzir di Gowa. IDN Times/Istimewa

Samiruddin tak menampik bahwa dalam rapat sempat terjadi perdebatan alot mengenai penentuan awal Ramadan. Namun menurut dia kondisi itu umum terjadi. 

Jemaah An Nadzir memantau bulan purnama pada tiga waktu, yakni tanggal 14, 15, dan 16 pada penanggalan Hijriah. Dari pengamatan itu kemudian bisa dihitung tanggal 27, 28, dan 29 yang jadi penanda bahwa bulan baru segera masuk.  

"Sebenarnya itu biasa dalam forum musyawarah ada hal-hal yang mungkin sedikit berbeda, kemudian antara satu dengan yang lain menyampaikan pandangannya. Itu hal yang biasa saja, wajar saja," katanya.

3. Jemaah An Nadzir terapkan protokol kesehatan selama beribadah di masa pandemik

Jemaah An Nadzir Gowa Puasa Ramadan Mulai BesokIDN Times/Abdurrahman

Di sisi lain, Samiruddin mengungkapkan, ibadah Ramadan di masa pandemik COVID-19 dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan.

"Kalau kami dari awal, sebelum ada program pemerintah soal lockdown, sudah beberapa tahun sebelum itu kita sudah melakukan itu. Jadi kita tetap berjalan seperti biasa," ucapnya. 

Baca Juga: Kemenkes, MUI dan IDI Sepakat Vaksinasi Tetap Jalan saat Ramadan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya