Kasus Bocah di Makassar Ditukar Tabung Gas, Pelaku Belum Ditangkap

Korban dan keluarganya pindah tempat tinggal

Makassar, IDN Times - Jajaran penyidik Unit Reskrim Polsek Manggala Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mendapatkan sejumlah kendala dalam upaya pengungkapan kasus dugaan penculikan bocah AAD yang ditukar dengan tabung gas 3 kilogram. Peristiwa ini terjadi pada Jumat, 24 Juli 2020 lalu.

"Korban dan orang tuanya belum kita periksa, karena mereka terganggu dengan tetangga yang datang tanya-tanya kondisinya, sehingga ditinggalkan dulu tempat tinggalnya," kata Kapolsek Manggala, Kompol Saiful Alam kepada sejumlah jurnalis saat dikonfirmasi, Senin (3/8/2020).

1. Keluarga korban masih trauma

Kasus Bocah  di Makassar Ditukar Tabung Gas, Pelaku Belum DitangkapIlustrasi Kekerasan pada Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Saiful mengatakan, korban dan keluarganya kini berpindah tempat tinggal sementara. Pihaknya juga berupaya memahami kondisi keluarga korban yang dianggap masih trauma dengan kejadian tersebut. Kondisi itu lah yang membuat petugas sedikit kesulitan.

"Mereka ketakutan karena pelakunya belum tertangkap makanya teman-teman melakukan pendampingan supaya mereka tidak takut karena (mereka) khawatir nanti ada yang teror. Tapi kita sudah jamin keamanannya soal laporan," ungkap Saiful.

Saiful bilang, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat, untuk memulihkan kondisi traumatik korban. "Itu yang melakukan pendampingan, pendekatan kepada mereka supaya anak ini berbicara dan terbuka dengan baik," ujar Saiful.

2. Polisi koordinasi dengan psikolog dan P2TP2A

Kasus Bocah  di Makassar Ditukar Tabung Gas, Pelaku Belum DitangkapP2TP2A Makassar / Sahrul Ramadan

Untuk mengantisipasi keresahan dari pihak keluarga korban, pihak kepolisian, lanjut Saiful, juga berkoordinasi dengan psikolog dan pendamping dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar.

"Sebenarnya mau ditempatkan di rumah aman (P2TP2A) tapi kondisi psikologisnya saudaranya karena masih kecil. Makanya saya mau konsultasi dengan dokter. Kalau sudah ada waktu nanti akan konseling di P2TP2A," ungkap Saiful.

Latar belakang keluarga korban, lanjut Saiful, sebenarnya terbilang mampu dalam hal finansial. Mereka belum lama tinggal dan menetap di Jalan Kampung Nipa-nipa, Manggala, setelah pindah dari Timika. "Baru sekitar setahun lebih mereka tinggal. Untuk sementara mereka cari-cari perental mobil karena ada mobilnya," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Dibawa Kabur, Bocah di Makassar Hendak Ditukar Tabung Gas 3 Kg

3. Korban dititipkan di warung di Kecamatan Tamalanrea

Kasus Bocah  di Makassar Ditukar Tabung Gas, Pelaku Belum DitangkapPotongan rekaman video bocah diduga diculik dan hendak ditukar tabung gas di Makassar. IDN Times/Polsek Manggala

Kepolisian saat ini masih berupaya untuk menangkap pelaku penculikan bocah berusia 8 tahun tersebut. Korban dibawa kabur dengan sepeda motor oleh dua orang pria di dekat rumahnya di Jalan Kampung Nipa-nipa, Kecamatan Manggala, sekitar pukul 14.30 WITA. "Tetap dalam proses untuk pencarian pelaku," ucap Saiful.

Saat itu kata Saiful, bocah kelas II SD tengah asik bersepeda. Namun, kedua pelaku yang berboncengan mengendarai sepeda motor, tiba-tiba datang menghampiri korban. Polisi menduga korban diming-imingi, agar ikut bersama pelaku. "Dibawa keliling-keliling dulu pengakuannya (korban) sebelum dikasih singgah di toko itu. Baru dititipkan," ujar Saiful sebelumnya. 

Korban dititipkan di salah satu toko di kawasan Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Kepada pemilik toko, pelaku mengaku tidak membawa uang tunai untuk membeli tiga unit gas 3 kilogram. "Jadi pelaku ini sampaikan ke yang punya toko, dititip dulu adiknya karena mau ambil uang," jelas Saiful.

Beberapa jam menunggu, pemilik toko kemudian mengajak korban yang panik untuk bercerita. Dari situ, korban mengaku sama sekali tidak mengenal kedua pelaku. "Sampai akhirnya kita tiba di lokasi laporan dari anggota di lapangan dan kita temukan ini anak," imbuh Saiful.

Baca Juga: Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya