Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di Makassar

Pelaku masih dicari, tapi identitasnya sudah diketahui

Makassar, IDN Times - Petugas Unit Reserse Kriminal Polsek Manggala, Kota Makassar, sudah mengetahui identitas pelaku penculik bocah SD pada Jumat 24 Juli 2020 lalu. Dalam kasus itu, korban seorang bocah dititip ke toko untuk ditukar dengan tabung gas 3 kilogram.

Identitas pelaku diketahui berdasarkan keterangan korban, sejumlah saksi, serta rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi kejadian.

"Pelaku masih kita cari. Kalau menurut rekaman bukti CCTV itu anak berboncengan. Dikasih di tengah sama dua orang (pelaku)," kata Kepala Polsek Manggala Kompol Saiful Alam jurnalis di Makassar, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Sempat Dibawa Kabur, Bocah di Makassar Hendak Ditukar Tabung Gas 3 Kg

1. Korban dibawa keliling dengan sepeda motor sebelum dititipkan ke toko

Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di MakassarKapolsek Manggala Kompol Saiful Alam. IDN Times/Polsek Manggala

Korban berinsial AAD (8) dibawa kabur dua pria dengan sepeda motor dari dekat rumahnya, di Jalan Kampung Nipa-nipa, Kecamatan Manggala, Jumat sekitar pukul 14.30 Wita. Saat itu bocah yang duduk di kelas II SD tengah bersepeda.

Awalnya, pelaku tiba-tiba menghampiri korban. Karena diiming-imingi sesuatu, korban bersedia saat diajak ikut naik motor bersama pelaku.

"Dibawa keliling-keliling dulu, pengakuannya (korban), sebelum dikasih singgah di toko itu. Baru dititipkan," ujar Saiful.

2. Pelaku menitip bocah dengan dalih lupa bawa uang tunai

Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di MakassarPotongan rekaman video bocah diduga diculik dan hendak ditukar tabung gas di Makassar. IDN Times/Polsek Manggala

Saiful menyebut korban dititipkan di salah satu toko di kawasan Kecamatan Tamalanrea Makassar. Pelaku seolah ingin membeli tiga tabung gas 3 kilogram lalu berdalih lupa bawa uang tunai.

"Jadi pelaku ini sampaikan ke yang punya toko, dititip dulu adiknya karena mau ambil uang," Saiful menerangkan.

Setelah beberapa jam menunggu, pemilik toko kemudian menanyai korban yang terlihat panik. Korban pun mengaku sama sekali tidak mengenal kedua pelaku.

"Sampai akhirnya kita tiba di lokasi (sesuai) laporan dari anggota di lapangan dan kita temukan ini anak," kata Saiful.

3. Polisi memeriksa sejumlah saksi dan rekaman CCTV

Polisi Kejar Penculik Bocah yang Ditukar Tabung Gas di MakassarIlustrasi penculikan. IDN Times/Sukma Shakti

Penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi seputar kasus ini. Termasuk pemilik toko dan orang tua korban yang telah melaporkan kejadian ke Polsek Manggala pada Jumat. Polisi juga sudah punya barang bukti rekaman CCTC dari sekitar lokasi korban dibawa oleh pelaku.

Riska Ramdani, orang tua AAD melapor setelah cemas anaknya tidak pulang setelah bermain di sekitar rumah. Awalnya, polisi menduga bahwa salah seorang pelaku merupakan tetangga korban. 

"Tapi setelah kita periksa kembali korban, orang tuanya juga tidak tahu kalau tetangganya atau bukan. Itu yang masih sementara juga kita dalami," kata Syaiful.

Baca Juga: Mirip Lintasan Balap, Ada Markah Jalan di Makassar untuk Jaga Jarak

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya