Comscore Tracker

Culik Anak dan Ditukar dengan Gas 3 Kilogram, Polisi Buru Pelaku

Orangtua tetap waspada ya, kejahatan bisa terjadi kapan saja

Makassar, IDN Times - Petugas Unit Reserse Kriminal Polsek Manggala, Kota Makassar, sudah mengetahui identitas pelaku penculik bocah SD pada Jumat 24 Juli 2020 lalu. Dalam kasus itu, korban seorang bocah dititipkan ke toko untuk ditukar dengan tabung gas 3 kilogram.

Identitas pelaku diketahui berdasarkan keterangan korban, sejumlah saksi, serta rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.

"Pelaku masih kita cari. Kalau menurut rekaman bukti CCTV, itu anak berboncengan. Dikasih di tengah sama dua orang (pelaku)," kata Kepala Polsek Manggala Kompol Saiful Alam kepada para awak media di Makassar, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Sempat Dibawa Kabur, Bocah di Makassar Hendak Ditukar Tabung Gas 3 Kg

1. Korban dibawa keliling sebelum dititipkan ke toko

Culik Anak dan Ditukar dengan Gas 3 Kilogram, Polisi Buru PelakuKapolsek Manggala Kompol Saiful Alam. IDN Times/Polsek Manggala

Korban berinsial AAD (8) dibawa kabur dua pria dengan sepeda motor dari kawasan sekitar rumahnya, di Jalan Kampung Nipa-nipa, Kecamatan Manggala, Jumat sekitar pukul 14.30 WITA. Saat itu, bocah yang masih duduk di kelas II SD itu tengah asyik bersepeda.

Awalnya, pelaku tiba-tiba menghampiri korban. Karena diiming-imingi sesuatu, korban bersedia saat diajak ikut naik motor bersama pelaku.

"Dibawa keliling-keliling dulu, pengakuannya (korban), sebelum dikasih singgah di toko itu. Baru dititipkan," ujar Saiful.

2. Pelaku menitipkan bocah dengan dalih lupa bawa uang tunai

Culik Anak dan Ditukar dengan Gas 3 Kilogram, Polisi Buru PelakuPotongan rekaman video bocah diduga diculik dan hendak ditukar tabung gas di Makassar. IDN Times/Polsek Manggala

Saiful menyebut korban dititipkan di salah satu toko di kawasan Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. Pelaku berdalih ingin membeli gas 3 kilogram, tapi lupa membawa uang tunai.

"Jadi pelaku ini sampaikan ke yang punya toko, dititip dulu adiknya karena mau ambil uang," Saiful menerangkan.

Setelah beberapa jam menunggu, pemilik toko kemudian menanyai korban yang terlihat panik. Korban pun mengaku sama sekali tidak mengenal kedua pelaku.

"Sampai akhirnya kita tiba di lokasi (sesuai) laporan dari anggota di lapangan dan kita temukan ini anak," kata Saiful.

3. Polisi memeriksa sejumlah saksi dan rekaman CCTV

Culik Anak dan Ditukar dengan Gas 3 Kilogram, Polisi Buru PelakuIlustrasi penculikan. IDN Times/Sukma Shakti

Penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi seputar kasus ini termasuk pemilik toko dan orangtua korban yang telah melaporkan kejadian ke Polsek Manggala pada Jumat (24/7/2020) kemarin. Polisi juga sudah punya barang bukti rekaman CCTC dari sekitar lokasi korban dibawa oleh pelaku.

Riska Ramdani, orangtua AAD, melapor ke polisi setelah cemas anaknya tidak pulang setelah bermain di sekitar rumah. Awalnya, polisi menduga bahwa salah seorang pelaku merupakan tetangga korban. 

"Tapi setelah kita periksa kembali korban, orangtua korban juga tidak tahu kalau itu pelaku tetangganya atau bukan. Itu yang masih sementara juga kita dalami," kata Syaiful.

Baca Juga: Mirip Lintasan Balap, Ada Markah Jalan di Makassar untuk Jaga Jarak

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya