Comscore Tracker

Polisi Tidak Izinkan Safari Dakwah Rizieq Shihab di Makassar

Selain memicu kerumunan, polisi juga meredam konflik warga

Makassar, IDN Times - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab berencana menggelar safari dakwah ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Makassar, Sulawesi Selatan. Rizieq berkeliling daerah dalam rangka syiar agama.

"Yang jelas targetnya itu akan keliling Indonesia, sambil membaca suasana kan. Sementara data-data rencana mulai dari Jawa barat, sampai Jawa Timur dan luar Jawa, termasuk Makassar," kata Dewan Syuro FPI Sulawesi Selatan Abu Thorib kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).

Safari dakwah Rizieq sudah dimulai di Megamendung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Namun, acara yang menimbulkan kerumunan di tengah pandemik ini berbuntut pada pencopotan Kapolda Jawa Barat dan pemanggilan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Bareskrim Polri untuk dimintai klarifikasi.

Bagaimana nasib rencana safari dakwah Rizieq di Makassar?

1. Jadwal kunjungan dan lokasi dakwah Rizieq di Makassar menunggu keputusan FPI pusat

Polisi Tidak Izinkan Safari Dakwah Rizieq Shihab di MakassarPeserta reuni 212 membawa bendera besar dengan wajah Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Abu mengatakan, jadwal rangkaian kunjungan Rizieq masih disusun oleh FPI pusat. Jadwal bakal disesuaikan dengan kondisi di setiap daerah. Untuk Makassar, sejauh ini belum ada jadwal resmi serta lokasi kegiatannya.

"Bahasanya liat kondisi yang paling pantas, paling rapi untuk dalam konfirmasi, dakwah dan tablig itu. Kita kan belajar menjadi rahmantan lil alamain," kata Abu

Baca Juga: Ketua Satgas: 77 Orang Positif COVID-19 di Acara Rizieq Shihab

2. Kapolrestabes Makassar tegaskan tidak akan mengizinkan acara yang menimbulkan kerumunan

Polisi Tidak Izinkan Safari Dakwah Rizieq Shihab di MakassarPersonel Polrestabes saat apel pasukan. IDN Times/Polrestabes Makassar

Sementara saat dikonfirmasi mengenai acara safari dakwah Rizieq Shihab, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Witnu Urip Laksana menegaskan tidak akan mengizinkan kegiatan yang memancing kerumunan. Sebab angka penyebaran COVID-19 di Sulsel maupun Makassar disebut masih tinggi.

"Makassar masih menjadi pusat episentrum sebaran. Diprediksi akan terjadi kerumunan dan pelanggaran terhadap protokol kesehatan," tegas Witnu kepada IDN Times.

Witnu menyatakan, pihaknya saat ini fokus membantu pemerintah dalam menangani dan mengendalikan penularan COVID-19, khususnya di Makassar.

"Patuh dan disiplin terhadap protkes menjadikan Kota Makassar sehat, nyaman, aman," ujarnya.

3. Polisi juga meredam potensi konflik penolakan masyarakat pada kunjungan Rizieq

Polisi Tidak Izinkan Safari Dakwah Rizieq Shihab di MakassarRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Witnu menegaskan bahwa dampak kesehatan menjadi alasan mengapa izin keramaian tidak diterbitkan. "Keselamatan masyarakat menjadi hukum yang tertinggi di masa pandemik saat ini," kata dia.

Selain itu, keamanan juga jadi pertimbangan. Kemungkinan ada penolakan masyarakat terkait kunjungan Rizieq yang berpotensi menimbulkan konflik.

"Saya akan lakukan penegakan hukum yang tegas bagi siapa pun yang mengganggu keselamatan jiwa masyarakat Kota Makassar dengan didahului tindakan pencegahan yang keras bagi yang melanggar protkes," ucapnya.

Baca Juga: FPI Soal Baliho Rizieq: Jangan Sampai TNI Berhadapan dengan Masyarakat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya