Comscore Tracker

ACC Sulawesi Beberkan 4 Kasus Dugaan Korupsi Terkait Nurdin Abdullah

OTT KPK Nurdin Abdullah jadi tamparan keras bagi pemerintah

Makassar, IDN Times - Lembaga Anti Corruption Committee Sulawesi merespons operasi tangkap tangan (OTT) Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur ACC Sulawesi Abdul Kadir Wokanubun mengatakan, pihaknya selama ini sudah menampung sejumlah sorotan publik terhadap Nurdin Abdullah. Semuanya di masa jabatan Nurdin sebagai gubernur.

"Sebutlah dulu, tentang pansus kasus hak angket. Di situkan yang paling menonjol adanya masalah proyek, (dugaan) setor-setor uang," kata Kadir saat dihubungi IDN Times, Sabtu (27/2/2021). 

1. DPRD Sulsel sempat menyoroti dugaan bagi-bagi proyek di tengah kepemimpinan Nurdin Abdullah

ACC Sulawesi Beberkan 4 Kasus Dugaan Korupsi Terkait Nurdin AbdullahGubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Kadir kemudian menyoal masalah hak angket DPRD Sulsel yang bergulir pada pertengahan 2019 lalu. Sidang angket antara lain menyoroti dugaan bagi-bagi proyek terkait kedekatan Nurdin dengan pengusaha. Menurut informasi yang beredar, pengusaha itu kini itu ditangkap KPK bersama Nurdin.

Kasus lain yang jadi sorotan adalah perizinan tambang pasir laut untuk proyek pembangunan pelabuhan Makassar New Port (MNP) di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Dalam proyek itu, kata Kadir, ada dugaan kerabat serta beberapa orang-orang dekat Nurdin Abdullah terlibat. Belakangan pengerukan pasir laut juga ramai-ramai ditolak oleh masyarakat nelayan yang terdampak.

Baca Juga: Total Kekayaan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Rp51,35 Miliar

2. Proyek pembangunan Stadion Mattoanging dan bansos COVID-19 juga jadi sorotan

ACC Sulawesi Beberkan 4 Kasus Dugaan Korupsi Terkait Nurdin AbdullahKondisi tribun dan lapangan Stadion Mattoanging Makassar jelang pembongkaran. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sorotan lain terhadap Nurdin Abdullah menurut Kadir yakni terkait tender pada proyek pembangunan Stadion Mattoanging. Stadion tersebut dibongkar dan dibangun kembali oleh Pemprov Sulsel untuk kepentingan peningkatan level dan kapasitas stadion. 

Terakhir, kata Kadir, kasus dugaan permainan dalam pendistribusian bantuan sosial untuk masyarakat terdampak COVID-19.

"Itu amatan kami, meskipun kemudian nama yang belakangan muncul (di kasus bansos) itu adalah Sekda (Sekertatis Daerah Pemprov Sulsel)," ucap Kadir. 

3. OTT KPK di Sulsel adalah tamparan keras

ACC Sulawesi Beberkan 4 Kasus Dugaan Korupsi Terkait Nurdin AbdullahIDN Times/Asrhawi Muin

Kadir menilai OTT KPK di Sulsel dan penangkapan terhadap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mencoreng citra pemerintah di mata publik.

"OTT KPK terhadap Gubernur Sulsel merupakan tamparan yang sangat keras," katanya. 

Menurut Kadir, selama ini KPK aktif untuk melaksanakan tugas koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi (Korsupgah) di lingkup Pemprov Sulsel. "Kami mendukung upaya penindakan oleh KPK," ujarnya.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Nurdin Abdullah Pernah Dapat Bung Hatta Award

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya