Comscore Tracker

Arus Balik, Satgas COVID-19 Siapkan Testing Tambahan di Bakauheni

Hal ini seiring kenaikan kasus COVID-19 di Sumatra

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan pihaknya akan mempersiapkan mekanisme testing tambahan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Hal ini sejalan dengan adanya tren peningkatan kasus COVID-19 di Sumatera. Nantinya, Satgas COVID-19 di Lampung akan membentuk satuan tugas khusus, bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Danrem, untuk mengecek para pemudik yang akan melaksanakan arus balik ke Jawa.

"Agar screening berjalan maksimal, akan diterapkan mekanisme testing tambahan dengan metode Rapid Test Antigen di Bakauheni. Nantinya, akan ada satgas yang melakukan pemeriksaan dolkmen dan berhak melarang pelaku perjalanan untuk menyeberang ke Jawa apabila tidak memenuhi syarat," ujar Wiku dalam siaran pers virtual, Kamis (13/5/2021).

1. Wiku juga meminta bantuan pemerintah daerah

Arus Balik, Satgas COVID-19 Siapkan Testing Tambahan di BakauheniPetugas Kepolisian menghalau sejumlah pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/Fahkri Hermansyah)

Lebih lanjut, Wiku juga meminta kerja sama bantuan pemerintah daerah Sumatra, seperti Pemprov atau Pemkab/Pemkot, untuk melakukan pemeriksaan yang lebih teliti terhadap dokumen kesehatan calon pemudik, terutama yang akan melakukan arus balik ke Jawa.

"Siapa pun pelaku perjalanan (termasuk pemudik) yang tidak sehat dan tidak mampu menunjukkan dokumen tersebut (dokumen kesehatan berupa hasil PCR/Swab Antigen/GeNose), tanpa kecuali, wajib putar balik," ujar Wiku.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

2. Wiku berharap mereka yang tidak sehat tidak memaksakan diri

Arus Balik, Satgas COVID-19 Siapkan Testing Tambahan di BakauheniSejumlah petugas Kepolisian memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Wiku juga mengungkapkan, bagi mereka yang memang dalam kondisi tidak sehat, ada baiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan perjalanan. Apalagi, Satgas COVID-19 juga berencana melakukan screening berlapis.

"Kita memastikan bahwa penyekatan yang terjadi, dan memastikan di setiap titik itu, mereka (pelaku perjalanan) tidak memaksakan berangkat saat tidak sehat, jadi screening yang kita lakukan itu berlapis," ujar Wiku.

3. Kasus COVID-19 di Sumatera cenderung meningkat

Arus Balik, Satgas COVID-19 Siapkan Testing Tambahan di BakauheniRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Wiku mengungkapkan bahwa di Sumatra terjadi kenaikan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir. Kontribusi kasus positif COVID-19 untuk skala nasional dari Sumatra meningakt sekitar 27,22 persen pada Mei 2021 ini.

"Kasus di Pulau Jawa cenderung mengalami penurunan kontribusi pada kasus nasional dan sebaliknya, kasus di Pulau Sumatra mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir," ungkap Wiku.

Baca Juga: Tips Cerdas Alokasikan THR di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya