Comscore Tracker

Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas Ditembak

Berikut kronologi penyerangan Mabes Polri pada Rabu sore

Jakarta, IDN Times - Suasana Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) sore mendadak ramai. Seorang terduga teroris yang mengenakan pakaian perempuan melakukan aksi penembakan di area dekat dengan ruang kerja Kapolri.

Baku tembak pun sempat terjadi antara pihak kepolisian dengan terduga teroris tersebut. Tidak lama kemudian, pihak kepolisian pun sukses melumpuhkan terduga teroris tersebut. Pelaku tersungkur di halaman depan pintu Rupatama area Mabes Polri.

Seperti apa kronologi penyerangan Mabes Polri oleh terduga teroris tersebut?

Baca Juga: Pintu Masuk Pejalan Kaki Mabes Polri Lemah Penjagaan

1. Terduga teroris memasuki Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) sore

Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas DitembakSeorang terduga teroris ditembak di Mabes Polri (Dok. Humas Mabes Polri)

Pada Rabu (31/3/2021) sore, terduga teroris masuk ke area Mabes Polri. Ia disinyalir masuk lewat pintu khusus pejalan kaki, lalu bergerak menuju area dekat Rupatama yang dijaga oleh banyak personel kepolisian.

Terduga teroris tersebut terlihat mengenakan hijab biru dengan gamis berwarna hitam. Ia diduga seorang perempuan, lalu membawa benda seperti buku warna kuning dan mengenakan tas slempang warna hitam.

2. Terduga teroris sempat menodongkan senjata ke polisi yang berjaga

Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas DitembakSeorang terduga teroris ditembak di Mabes Polri (Dok. Humas Mabes Polri)

Sesampainya di area Rupatama, area yang tidak jauh dari ruang kerja Kapolri, terduga teroris itu langsung menodongkan senjata ke arah petugas yang berjaga. Dari video yang beredar, pelaku juga sempat melakukan perlawanan kepada petugas jaga.

Sempat terjadi baku tembak antara terduga teroris itu dengan pihak kepolisian. Salah satu jurnalis yang berada di lokasi kejadian mengungkapkan, terdengar suara tembakan sebanyak enam sampai tujuh kali sekitar pukul 16.30 WIB.

Baca Juga: Teror di Mabes Polri, Pengamat: Pelaku Harusnya Bisa Dicegah

3. Terduga teroris dilumpuhkan, dan penjagaan Mabes Polri diperketat

Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas DitembakSeorang terduga teroris yang menyerang di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) (dok. Tangkap Layar KompasTV)

Setelah terjadi baku tembak, pihak kepolisian akhirnya sukses melumpuhkan terduga teroris tersebut. Ia ditembak mati dan jenazahnya tergeletak di area Rupatama yang dekat dengan ruang kerja Kapolri tersebut.

Tim Gegana dan forensik Mabes Polri langsung melakukan identifikasi terhadap jenazah tersebut. Setelah dipastikan aman dari bahan peledak, jenazah langsung dibawa ke RS Polri pada Rabu (31/3/2021) sore.

Selepas terjadinya adegan baku tembak tersebut, penjagaan di Mabes Polri diperketat. Berdasarkan pantauan IDN Times, pada pukul 18.40 WIB, lokasi sekitar Mabes Polri sudah disterilkan. Puluhan Tim Gegana, beserta tiga mobil lapis baja, sudah bersiaga juga di depan pintu utama.

Tidak cuma itu, awak media dan personel kepolisian juga dilarang keluar-masuk Mabes Polri. Anjing pelacak juga dikerahkan untuk mengecek apakah ada bahan berbahaya di sekitar area Mabes Polri atau tidak.

4. Jenazah terduga teroris tiba di RS Polri pada Rabu (31/3/2021) malam

Detik-Detik Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Tewas DitembakGedung Mabes Polri (IDN Times/Helmi Shemi)

Jenazah terduga teroris yang menyerang Mabes Polri dikabarkan sudah tiba di RS Polri pada Rabu (31/3/2021) malam. Jenazah dibawa oleh sebuah mobil ambulans. Tampak juga sejumlah anggota Polri bersenjata lengkap ikut mengawal di lokasi.

Berdasarkan pantauan dari Kompas TV, tampak bahwa jenazah sudah tiba di RS Polri. Setibanya di RS Polri, jenazah terduga teroris itu langsung dibawa ke ruang jenazah untuk proses autopsi dan identifikasi.

Baca Juga: [BREAKING] Tim Gegana Amankan Tas Milik Jenazah Penyerang Mabes Polri

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya