Empat Sahabat Rasul yang Bertugas Menulis Wahyu

Empat sahabat Rasul ini turut serta dalam penulisan wahyu

Jakarta, IDN Times - Di zaman Rasulullah SAW, memang tidak semua sahabat memiliki kepandaian dalam menulis dan membaca. Namun, ada juga beberapa sahabat yang memiliki keahlian tersebut. Mereka pun akhirnya bertugas untuk menulis wahyu.

Tidak hanya menulis wahyu, para sahabat yang memiliki kemampuan menulis wahyu ini juga kadang turut dalam pembahasan wahyu yang turun bersama Rasulullah. Mereka juga menuliskan wahyu berdasarkan petunjuk Allah SWT lewat perantara Rasulullah.

Berikut adalah empat sahabat yang ditugaskan untuk menulis wahyu di zaman Rasulullah. Merekalah yang membantu Rasulullah untuk merekam wahyu lewat tulisan di dalam lembaran-lembaran.

Baca Juga: Meneladani Sifat Allah Maha Adil, Al-Adl, dalam Kehidupan

1. Zaid bin Tsabit

Empat Sahabat Rasul yang Bertugas Menulis WahyuPexels.com/Abdulmelik majid

Zaid bin Tsabit adalah salah satu sahabat Rasulullah yang dikaruniai kepandaian dalam berbahasa. Rasululullah bahkan pernah meminta Zaid untuk mendalami bahasa Yahudi dan Ibrani. Permintaan itu dipenuhi Zaid dalam waktu 19 hari.

Zaid juga adalah salah satu ulama terkemuka di Madinah. Selain pandai berbahasa, dia juga menguasai ilmu-ilmu lain macam fiqih, fatwa, dan hukum waris. Nah, beliau juga turut serta dalam penulisan wahyu di masa Rasulullah.

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

2. Muawiyah bin Abi Sufyan

Empat Sahabat Rasul yang Bertugas Menulis WahyuIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Sunariyah)

Muawiyah bin Abi Sufyan adalah sosok yang bisa dikatakan paling kontroversial, di antara para penulis wahyu yang lain. Bukan tanpa sebab, karena beliau adalah salah satu sahabat Rasulullah yang memiliki karakter cukup kuat.

Muawiyah dikenal sebagai sosok yang tegas dan memiliki kecakapan yang baik. Tidak hanya itu, dia juga dikenal sebagai orang yang cerdik, mampu menjadi tauladan, tegas, dan berwibawa.

3. Zubair bin Awwam

Empat Sahabat Rasul yang Bertugas Menulis WahyuIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Sunariyah)

Zubair adalah salah satu sahabat Rasulullah yang dianugerahi banyak karunia. Sejak usia 16 tahun, dia sudah memeluk agama Islam. Keputusannya ini bahkan tidak dilarang oleh kedua orang tuanya.

Zubair lahir dari keluarga terpandang. Ibunya bernama Shofiyah, salah satu putri dari pemuka kaum Quraisy yang juga jadi pelayan Ka'bah. Ibunya ikut memeluk agama Islam dan hijrah bersama Zubair. Sedangkan Zubair sendiri, dia turut serta juga dalam penulisan wahyu.

4. Ubay bin Ka'ab

Empat Sahabat Rasul yang Bertugas Menulis WahyuAbdullah Ghatasheh/pexels.com

Ubay masuk Islam ketika Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Dia memiliki nama alias, yaitu Abu Thufail atau Abu Mundzir. Di antara para sahabat, Ubay tidak cuma dikenal sebagai penulis wahyu saja.

Selain menuliskan wahyu, Ubay juga dikenal sebagai penghafal Al-Qur'an. Bahkan, ada riwayat yang menyebut dia memiliki mushaf susunannya sendiri di rumahnya, berdasarkan dari hafalan Qur'annya.

Baca Juga: 6 Doa Baik untuk Malam Pertama, Pengantin Baru Wajib Tahu

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya