JK Kenang Mochtar Pabottingi Sosok yang Banyak Sumbangsih Pemikiran

JK turut berduka atas meninggalnya Mochtar Pabottingi

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla turut berduka atas meninggalnya cendekiawan muslim Indonesia, Mochtar Pabottingi. Sosok yang karib disapa JK itu menyebut, Mochtar adalah sosok yang banyak memberikan sumbangsih pemikiran.

"Kita kenal beliau adalah cendekiawan muslim yang baik dan banyak sumbangan-sumbangan pemikiran bagi bangsa dan negara ini," ujar JK dalam keterangan resminya, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Pakar Politik Mochtar Pabottingi Meninggal Dunia

1. Sebuah kehilangam bagi bangsa Indonesia

JK Kenang Mochtar Pabottingi Sosok yang Banyak Sumbangsih PemikiranJK saat menyolatkan jenazah Mochtar Pabottingi. (Dok. Istimewa)

Dengan banyaknya sumbangsih pemikiran yang Mochtar berikan, JK menyebut kepergian sosok yang juga dikenal sebagai pengamat politik senior tersebut merupakan suatu kehilangan bagi bangsa Indonesia. Oleh karenanya, almarhum akan selalu dikenang.

"Untuk itu, kita semua merasa kehilangan. Beliau sudah menyumbangkan banyak hal bagi bangsa dan negara," ujar JK.

Baca Juga: Blak-blakan Jusuf Kalla, Kembangkan Kalla Group hingga 70 Tahun 

2. JK ikut sholat jenazah Mochtar

JK Kenang Mochtar Pabottingi Sosok yang Banyak Sumbangsih PemikiranJK saat menyolatkan jenazah Mochtar Pabottingi. (Dok. Istimewa)

JK sendiri memberikan sambutan selepas ikut menyalatkan jenazah Mochtar. Prosesi salat jenazah ini dihelat di Masjid Ar Rahim Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (4/6/2023).

Selepas disalatkan, jenazah Mochtar Pabottingi langsung dimakamkan di TPU Layur, yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur.

3. Mochtar Pabotinggi meninggal dunia

JK Kenang Mochtar Pabottingi Sosok yang Banyak Sumbangsih PemikiranPeneliti LIPI Mochtar Pabottingi [dua dari kiri]. (IDN Times/Aldzah Fatimah)

Mochtar Pabottingi dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (4/6/2023) dini hari WIB. Kabar meninggalnya Mochtar ini disampaikan mantan Kepala Badan Pengarah Ideologi Pancasila (BPIP), Yudi Latif.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un. Telah berpulang ke hadirat Ilahi Bapak Mochtar Pabottingi. Hari Minggu dini hari (4 Juni 2023), jam 00.30 WIB," ujar Yudi dalam keterangannya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya