Kapolri Lepas 34 Bus Vaksinasi Keliling untuk Masyarakat

Jadi upaya Polri mendukung terciptanya kekebalan kelompok

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melepas 34 bus vaksinasi keliling. Bus ini nantinya akan digunakan untuk vaksinasi masyarakat di daerah tak terjangkau dan belum terpantau oleh program vaksinasi pemerintah pusat.

"Ini merupakan bentuk layanan terhadap kegiatan vaksinasi dengan secara mobile dan menyentuh masyarakat," kata Sigit di Gedung JCC, Jakarta Pusat, dalam keterangan resminya, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

1. Program ini untuk mendukung terciptanya kekebalan kelompok

Kapolri Lepas 34 Bus Vaksinasi Keliling untuk MasyarakatKapolri lepas bus vaksinasi keliling. (Dok. Humas Polri)

Dengan adanya bus vaksinasi keliling tersebut, Listyo yang juga merupakan mantan Kapolda Banten ini berharap, target Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap COVID-19 segera tercipta. Polri juga meminta dukungan dari semua pihak.

"Harapan kami ke depan, sinergi antara seluruh stakeholder dalam membantu akselerasi vaksinasi massal bagi masyarakat sehingga herd immunity tercipta, betul-betul bisa kami lakukan secara baik dengan melibatkan seluruh pihak, sehingga hal tersebut bisa tercapai dengan cepat," ujar Listyo.

2. Kapolri harap aktivitas bisa kembali seperti sediakala

Kapolri Lepas 34 Bus Vaksinasi Keliling untuk Masyarakatilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sigit mengungkapkan, dengan terwujudnya herd immunity, maka aktivitas masyarakat khususnya di sektor perekonomian kembali seperti sediakala. Dia juga mengapresiasi niat baik dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang ikut membantu akselerasi vaksinasi massal.

"Dengan herd immunity sudah terbentuk, dengan asesmen-asesmen terhadap situasi yang ada saat ini, level yang ada bisa diturunkan dan tentunya kegiatan aktivitas ekonomi bisa terus-menerus dikembalikan seperti dulu, dan tentunya ini merupakan tugas bersama," ucap Sigit.

3. Bus vaksinasi keliling ini hasil kolaborasi TNI-Polri

Kapolri Lepas 34 Bus Vaksinasi Keliling untuk MasyarakatKapolri lepas bus vaksinasi keliling. (Dok. Humas Polri)

Bus vaksinasi keliling ini merupakan hasil kolaborasi antara TNI-Polri bersama KADIN. Nantinya, bus tersebut akan menyasar para warga secara langsung terutama di lokasi permukiman yang tak terjangkau oleh program vaksinasi pemerintah pusat.

Selain melepas bus vaksinasi keliling, dalam kesempatan yang sama, Sigit juga meninjau kegiatan vaksinasi massal di Gedung JCC, Jakarta Pusat, Sabtu (21/8/2021). Kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan oleh KADIN bersama TNI-Polri.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya