Kenangan Menteri Basuki soal Hermanto Dardak, Disebut Think Tank PUPR

Hermanto jadi Ketua Tim Pengarah Satgas Pembangunan IKN 

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto berduka cita atas meninggalnya Wakil Menteri PUPR periode 2010-2014, Achmad Hermanto Dardak.

Kedua menteri tersebut memiliki kenangan tersendiri pada almarhum Hermanto Dardak. Basuki pernah bekerja sama dengan almarhum di PUPR, sedangkan Airlangga merupakan teman satu organisasi almarhum. Keduanya memiliki cerita masing-masing soal Hermanto Dardak.

Baca Juga: Ayah Wagub Jatim, Hermanto Dardak Dimakamkan di TMP Kalibata

1. Basuki sebut Hermanto Dardak think tank di Kementerian PUPR

Kenangan Menteri Basuki soal Hermanto Dardak, Disebut Think Tank PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Basuki mengenang, Hermanto Dardak semasa hidupnya adalah sosok yang penuh kontribusi, terutama di PUPR. Almarhum juga mengemban tugas sebagai Ketua Tim Pengarah Satuan Tugas (Satgas) Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Beliau sampai akhir hayatnya masih jadi ASN PUPR, kemudian sekarang beliau jadi Ketua Tim Pengarah Satgas Pembangunan IKN. Jadi tetap beliau ada pengabdiannya di PU," ujar Basuki, Minggu (21/8/2022).

Meninggalnya Hermanto Dardak juga jadi sebuah kehilangan tersendiri bagi Basuki. Sebagai rekan sejawat, Basuki menganggap Hermanto Dardak sebagai sosok wadah pemikir (think tank) di Kementerian PUPR.

"Seluruh keluarga besar Kementerian PUPR kehilangan beliau. Apalagi beliau adalah sosok think tank di PUPR. Kami semua memang menganggap beliau seperti itu," ujar Basuki.

2. Kenangan Airlangga akan sosok Hermanto Dardak

Kenangan Menteri Basuki soal Hermanto Dardak, Disebut Think Tank PUPRMenteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto (dok. Youtube Kemenko Maritim dan Investasi)

Sama seperti Basuki, kenangan Airlangga akan sosok Hermanto Dardak berisikan hal-hal baik. Dia mengenang almarhum sebagai sosok yang dekat dengan berbagai kelompok, terutama bagi para alumni insinyur.

Bahkan, Airlangga dan Hermanto tergabung dalam Persatuan Insinyur Indonesia. Keduanya sama-sama pernah menjadi ketua umum dari organisasi tersebut, sehingga hubungan mereka cukup dekat.

"Beliau sangat bersahaja, juga dekat dengan berbagai kelompok. Saya dan Pak Hermanto itu sama-sama (bergabung) di Persatuan Insinyur Indonesia. Pak Hermanto dan saya pernah jadi ketum, jadi hubungan kami cukup dekat," ujar Airlangga dilansir ANTARA, Minggu (21/8/2022).

Baca Juga: Ayah Wagub Jatim, Hermanto Dardak Dimakamkan di TMP Kalibata

3. Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di tol

Kenangan Menteri Basuki soal Hermanto Dardak, Disebut Think Tank PUPRUcapan belasungkawa meninggalnya ayahanda Emil Dardak, Hermanto Dardak dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. instagram.com/khofifah.ip

Hermanto Dardak meninggal dunia pada Sabtu (20/8/2022). Ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak ini dikabarkan meninggal akibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Pemalang-Batang pada Sabtu dini hari.

Hermanto Dardak merupakan insinyur di bidang sipil. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia pada 2015 hingga 2018. Dia juga pernah menjabat Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, serta menjadi Wakil Menteri PUPR periode 2010 hingga 2014.

Jenazah Hermanto Dardak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Minggu (21/8/2022) pagi. Prosesi pemakaman dipimpin langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Tampak sejumlah tokoh menghadiri pemakaman Hermanto, di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya, Anissa Pohan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya