Kirim Bantuan Korban Bencana NTT, TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594

KRI Semarang juga membawa kontainer medis dan tenaga medis

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (8/4/3021). 

Pengiriman bantuan ini menggunakan KRI Semarang-594 yang diberangkatkan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta.

Hadir dalam acara pelepasan ini pula yakni Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Waasintel Kasal, Waaslog Kasal, Kaskoarmada I, Danlantamal III, Kadispotmaral, serta undangan terkait lainnya.

1. KRI Semarang membawa bahan-bahan bantuan

Kirim Bantuan Korban Bencana NTT, TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594TNI AL kirim bantuan untuk korban bencana NTT. (dok. Dispen AL)

Total, KRI Semarang-594 membawa truk-truk yang berisikan bahan bantuan dari berbagai instansi, seperti Kepresidenan, Kementerian/Lembaga, dan masyarakat seperti yayasan Budha Tzu Chi, Lion Club Indonesia, yayasan Cakra Abhipraya Responsif, dan Alumni Sekolah Islam Al-Azhar (ASIA)

Selain itu, truk-truk tersebut juga berisi bantuan dari lembaga sosial misi prokur PRR. Bantuan yang dibawa KRI Semarang dari Jakarta berupa beras, makanan cepat saji, mie instan, selimut, pakaian layak pakai dan sebagainya menuju ke daerah yang sedang dilanda bencana di (NTT).

Baca Juga: Mukjizat, Balita Ditemukan Masih Hidup Meski Tertimbun Lumpur di NTT 

2. KRI Semarang juga membawa kontainer medis beserta tenaga medis

Kirim Bantuan Korban Bencana NTT, TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594TNI AL kirim bantuan untuk korban bencana NTT. (dok. Dispen AL)

Sebelum pemberangkatan kapal, Wakasal melaksanakan peninjauan terhadap kapal, didampingi Komandan KRI Semarang-594 Letkol Laut (P) Afrilian Sukarno Timur, M.Tr.Hanla., M.M.

Nantinya, kapal akan mampir di Surabaya terlebih dahulu untuk mengangkut 25 truk bantuan lainnya, selanjutnya akan langsung berangka ke daerah operasi dengan rute Lembata-Larantuka.

“KRI Semarang juga membawa kontainer medis beserta tenaga medisnya, jadi jika kita dibutuhkan di sana nanti kita akan standby juga membantu melaksanakan bakti kesehatan,” ujar Wakasal.

3. TNI AL sudah memberangkatkan KRI Oswald Siahaan

Kirim Bantuan Korban Bencana NTT, TNI AL Kerahkan KRI Semarang-594TNI AL kirim bantuan untuk korban bencana NTT. (dok. Dispen AL)

Sebelumnya, pada Senin (5/4/2021), TNI AL telah memberangkatkan KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 berisikan umah sakit lapangan dan Batalyon Kesehatan TNI AL dari Surabaya. 

Berikutnya, pada Rabu (7/4) TNI AL mengirimkan 22 personel kesehatan dan dapur lapangan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI menggunakan pesawat Hercules.

“Di lapangan sudah tergelar dari kesatuan daerah yakni satuan TNI-Polri. Namun apabila TNI AL masih dibutuhkan untuk mengangkut sesuatu yang lainnya kita siap menunggu perintah dari Panglima TNI,” pungkas Laksdya Ahmadi.

Operasi kemanusiaan ini sejalan dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar prajurit TNI AL sesegera mungkin berada di garis depan dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat yang sedang ditimpa bencana.

Baca Juga: Terbang ke NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi Bencana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya